Begini Kronologi Klaster Bethel Penyumbang Corona Tertinggi di DKI Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, menyumbang kasus positif virus corona (Covid-19) tertinggi di ibu kota. Dari 2.670 kasus Covid-19 di Jakarta per 16 April, sebanyak 46 kasus berasal dari Kelurahan Petamburan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan mayoritas atau 36 kasus di Petamburan datang dari asrama Sekolah Tinggi Teknologi Bethel di Petamburan.

Pemprov DKI pun bergerak melakukan pencegahan dengan mengevakuasi 36 penghuni asrama yang dinyatakan positif.

“Tadi malam dievakuasi [dari asrama Bethel ke Wisma Atlet],” ujarnya ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (17/4).

Sebanyak 36 orang tersebut sudah dinyatakan positif dengan gejala ringan. Erizon menuturkan mereka dievakuasi karena membutuhkan isolasi yang lebih ketat.

Klaster penyebaran corona di Asrama Bethel bermula ketika seorang penghuni asrama dinyatakan positif corona dan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP).

Pihak Dinas Kesehatan kemudian melakukan pelacakan ke Asrama Bethel. Rapid test dilaksanakan, dilanjut dengan pemeriksaan swab laboratorium hingga akhirnya mendapati 36 penghuni asrama positif corona.

Kebanyakan yang terjangkit adalah mahasiswa. Mereka lantas dievakuasi ke Wisma Atlet. Sedangkan penghuni asrama yang lain diminta isolasi mandiri dalam asrama selama 14 hari. Mereka yang melakukan isolasi mandiri berjumlah 180 orang.

“Sedang kami jadwalkan untuk pemeriksaan swab bertahap untuk sisanya. Karena meskipun rapid test mereka negatif, tapi kami ingin pastikan,” tutur Erizon.

Penyemprotan disinfektan juga sudah dilakukan di asrama pagi tadi, sehingga penghuni bisa melakukan isolasi mandiri dengan aman.

Mengutip situs resmi data corona Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat menimbun kasus tertinggi kedua dengan 28 kasus.

Angka ini disusul Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan 27 Kasus. Pondok Kelapa, Jakarta Timur dengan 27 kasus. Dan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dengan 25 kasus.

Dari 2.670 kasus positif di Jakarta, 1.601 kasus di antaranya masih dirawat, 619 kasus isolasi mandiri dan 202 kasus sembuh. Sedangkan yang meninggal sebanyak 248 kasus.

Sumber Berita
CNN Indonesia

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker