Guna Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama, Majelis Syuro PBB Desak TVRI Majukan Jam Siaran Program Mimbar Agama

Abadikini.com, JAKARTA – Sekretaris Majelis Syuro DPP Partai Bulan Bintang (PBB) KH. Masrur Anhar, menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bekerja sama dengan TVRI menayangkan program bertajuk Belajar dari Rumah. Program tayangan yang dimulai sejak Senin, 13 April 2020 lalu dan akan berjalan selama tiga bulan.

“Saya sampaikan apresiasi atas terselengaranya program Belajar dari Rumah yang digagas oleh kemendikbud bersama TVRI. Karena menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di tengah wabah virus corona atau Covid-19, dengan materi pembelajaran mulai dari jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan,” kata KH. Masrur melaui rilisnya, Rabu (15/4/2020).

Namun, KH Masrur menyayangkan di sela-sela tayangan program Belajar dari Rumah di selingi dengan tayangan Mimbar Agama. Agar tidak mengganggu keharmonisan antar umat beragama. Maka KH Masrur meminta agar jam tayang Mimbar Agama di majukan lebih awal. Intinya kata KH. Masrur tidak di tayang bersamaan dengan jam belajar anak-anak di rumah.

“Yang terhormat Pimpinan Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mohon dengan sangat jadwal Mimbar Agama tidak ditaruh bersamaan dengan jam Belajar Anak-anak. Supaya tidak mengganggu keharmonisan diantara pemeluk-pemeluk agama,” ujar KH. Masrur.

Sebab kata KH. Masrur, jika tayangan Mimbar Agama itu berlangsung terus seperti yang terjadi dua hari ini, maka artinya selama sepekan dan selanjutnya sampai 3 bulan kedepan dan selama Ramadhan, umat Islam secara terstruktur masif dicekoki tayangan agama-agama lain.

Sebab, KH Masrur menjelaskan, jadwal siar TVRI setiap hari di jam 9.00 pagi di hari Senin itu, ada Mimbar Agama Kristen Katolik. Selasa, Mimbar Agama Kristen Protestan. Rabu, Mimbar Agama Hindu. Kamis, Mimbar Agama Budha dan pada hari Jumat, Mimbar Agama Konghucu.

“Untuk itu saya mendesak kepada TVRI untuk pindahkan jam siaran Mimbar Agama menjadi lebih awal, pada pukul 07.30 atau di mundurkan pada waktu lain. Berartikan setengah jam lebih awal dari waktu siar biasanya yaitu pukul 08.00. Jika Itu dilakukan tentu akan lebih bijak dan lebih menjaga toleransi serta menjaga perasaan umat Islam yang dipastikan menjadi peserta mayoritas pembelajar di rumah baik anak maupun orang tua,” pungkas Ketua Umum Dapur Da’I Nusantara (Da’ina) ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker