Gelagatnya Meragukan Saat Endorse Obat Corona, Ini Tanggapan IDI ke Ningsih Tinampi

Abadikini.com, PASURUAN – Ningsih Tinampi kembali membuat heboh media sosial. Perempuan asal Pandaan, Pasuruan ini, menawarkan sebuah obat yang disebutnya mampu menyembuhkan Corona.

Perempuan yang dikenal sebagai pengobat alternatif ini menyatakan obat yang dijualnya mampu menangkal infeksi dan membuat tubuh kebal layaknya vaksin. Obat cair dalam kemasan botol itu juga diklam mampu menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus Corona.

“Ini produksinya Pandaan, di wilayah Pandaan. Ini untuk menanggulangi Corona. Bagi seluruh rakyat Indonesia insyaallah bisa membantu. Ini tidak asing di kedokteran. Ya memang ini obatnya,” kata Ningsih dalam akun YouTube-nya, Selasa (14/4/2020).

Video itu diunggah pada 9 April 2020. Unggahannya sudah dikomentari 3.400 warganet.

“Siapa saja warga Indonesia yang takut dengan Corona atau pun kena Corona, ini obatnya. Produksi Pandaan, insyaallah semua tahu, Pandaan,” promosinya.

Ningsih juga menjelaskan cara pakai obat yang dijualnya.

“Obat ini untuk penyembuhan Corona. Di kedokteran banyak yang kenal obat ini. Dengan izin Allah, insyaallah sembuh. Cara minumnya, satu sendok teh, kalau nggak bisa langsung, bisa dicampur air, campur madu juga bisa,” terangnya.

Obat itu, disebut Ningsih, bukan hanya untuk Corona saja. “Ini bukan untuk Corona saja, segala penyakit bisa. Termasuk lambung. Ini mau tak doain semua,” ungkapnya sambil menunjuk ke botol-botol obat yang dimaksud.


Tanggapan IDI

Ningsih Tinampi menjual obat yang disebutnya bisa menyembuhkan pasien virus Corona. Obat cair dalam kemasan botol itu dijual dengan harga Rp 35 ribu/botol.

“Harganya Rp 35 ribu satu botol. Murah meriah,” imbuhnya.

Bagaimana tanggapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pasuruan?

“Ini sudah bukan ranah saya lagi. Ningsih kan sudah klaim pengobatannya non medis. Jadi bukan ranah saya,” kata Ketua IDI Kabupaten Pasuruan, Sujarwo, kepada detikcom, Rabu (15/4/2020).

Sujarwo mengatakan terkait Ningsih, sudah menjadi wewenang lembaga lain.

“Silakan ke Pakem saja. Atau penegak hukum,” terangnya.

Ningsih Tinampi menjual obat yang disebutnya bisa menyembuhkan pasien virus Corona. Harga obat yang ditawarkan pengobat alternatif asal Pandaan, Pasuruan ini murah meriah.

“Obat ini untuk penyembuhan Corona. Di kedokteran banyak yang kenal obat ini. Dengan izin Allah, insyaallah sembuh,” kata Ningsih dalam akun YouTube-nya, yang dilihat detikcom, Selasa (14/4/2020).

Ningsih mengaku uang hasil penjualan akan digunakan untuk memperbanyak obat cair dalam kemasan botol tersebut. Sehingga, kata dia, semakin banyak orang bisa mendapatkan obat itu.

“Uang itu akan saya pakai beli obat ini lagi sehingga bisa banyak untuk masyarakat lainnya,” katanya.

Warga Desa Karangjati ini menyatakan obat yang dijual mampu menangkal infeksi dan membuat tubuh kebal dari virus Corona.

“Ini untuk menanggulangi Corona. Bagi seluruh rakyat Indonesia insyaallah bisa membantu. Ini tidak asing di kedokteran. Ya memang ini obatnya. Siapa saja warga Indonesia yang takut dengan Corona ataupun kena Corona ini obatnya,” ungkap Ningsih.

 

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker