PSBB di Jakarta, Angkutan Umum Hanya Beroperasi Sampai Jam 6 Sore

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana Banguningsih mengatakan jadwal operasional angkutan umum selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

“Sesuai Peraturan Menteri No. 18 Tahun 2020, [angkutan umum harus] melakukan pemberitahuan resmi kepada operator agar beroperasi di terminal Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB di Jakarta,” ujarnya melalui konferensi video, Minggu (12/4).

Selama beroperasi, Polana mengatakan angkutan umum juga wajib mengikuti protokol kesehatan demi pencegahan penularan virus corona.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, protokol kesehatan yang dimaksud seperti pembersihan dengan desinfektan sebelum angkutan beroperasi.

“Pengemudi menggunakan masker dan sebagainya selama di perjalanan di angkutan umum,” tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Budi mengatakan sama seperti ketentuan untuk mobil pribadi, angkutan umum hanya bisa membawa setengah dari total kapasitas kendaraan selama beroperasi.

 PSBB mulai berlaku di Jakarta sejak 10 April hingga 23 April 2020. Artinya masyarakat dilarang melakukan kegiatan di luar rumah, kecuali yang masih diizinkan.

Dalam hal ini angkutan umum maupun pribadi masih bisa beroperasi jika digunakan untuk kegiatan yang diizinkan. Namun kapasitas penumpang dan jam operasionalnya dibatasi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan menetapkan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan kepentingan masyarakat (ojek) diperbolehkan untuk mengangkut penumpang selama masa PSBB dengan syarat tertentu.

Aturan tersebut dimuat dalam Permenhub Nomor 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Untuk sepeda motor dapat mengangkut penumpang dengan ketentuan harus memenuhi protokol kesehatan,” ujar Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (12/4).

Hingga Sabtu (11/4) tercatat ada 3.842 kasus infeksi virus corona di Indonesia.

Sebanyak 327 orang telah meninggal dunia dan 286 orang dinyatakan sembuh.

Sumber Berita
CNN Indonesia

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker