Penjelasan Istana Terkait Video Viral Jokowi Bagikan Sembako

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut membagikan bantuan beruapa sembilan makanan pokok (sembako) kepada masyarakat saat perjalanan pulangnya dari Istana Kepresidenan, Jakarta beberapa waktu lalu. Pembagian sembako dinilai bentuk kepedulian Jokowi kepada rakyat kecil.

“Ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Presiden terhadap warga yang utamanya tinggal di daerah Jakarta. Kita ketahui bersama DKI Jakarta telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB),” kata Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia dalam keterangannya, Sabtu (11/4/2020).

“Langkah ini sesuai dengan izin pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan untuk menekan tingkat pewabahan dari virus corona yang merupakan pandemi global,” katanya lagi.

Dikutip dari Inews.id, Angkie memastikan kegiatan tersebut dilakukan tanpa memberi tahu warga terlebih dahulu dan dibagikan secara langsung serta berpindah-pindah lokasi agar menghindari kerumumunan publik dan tetap memerhatikan jarak sesuai protokol physical distancing.

Menurut dia, Jokowi ingin menyampaikan pesan tentang semangat gotong royong antarsesama guna menghadapi pandemi Covid-19 dalam kegiatannya membagikan sembako.

“Presiden Jokowi ingin meyakinkan kepada kita semua, bahwa pandemi ini bisa kita lewati dengan semangat kebersamaan dan gotong royong antarkita. Merapatkan jiwa satu sama lain dengan menjaga jarak secara fisik adalah hal yang bisa kita tempuh untuk melawan virus SARS-CoV-2,” ujarnya.

Angkie melanjutkan, Kepala Negara juga telah menetapkan kebijakan dengan memberikan bantuan sosial khusus bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19. Dalam skala yang lebih besar, pemerintah pusat juga mendistribusikan bantuan nasional dalam bentuk jaring pengaman sosial (JPS).

“Apa yang dibagikan oleh Presiden kepada warga adalah pesan untuk terus bersatu dalam menebar kebaikan di situasi tanggap darurat saat ini,” ucapnya.

Pemerintah, lanjut dia, terus mengimbau agar menjaga imunitas tubuh dengan hidup sehat serta bersih dalam keseharian. “Tetap produktif di rumah dan bagi setiap warga yang harus berada diluar, agar menggunakan masker kain dan jaga jarak fisik antar sesama,” katanya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close