Benda Mirip Batu Ini Ternyata Fosil yang Berusia 12 Juta Tahun

Abadikini.com, JAKARTA – Puluhan juta tahun yang lalu, bumi telah dipenuhi dengan kehidupan. Bahkan kita mengenal dinosaurus dari peninggalan atau fosil yang ada. Mereka hanya menunggu untuk ditemukan, karena diperkirakan bumi padat sekali dengan hewan-hewan raksasa tersebut.

Meskipun sebagian besar telah hancur akibat hantaman asteroid yang jatuh ke bumi, yang menyebabkan kepunahan mereka. Nah, bagi para ‘pemburu harta karun’ masa lalu, mungkin tidak akan menganggap sepele jika menemukan sebongkah batu.

Bagi orang awam, batu yang terhampar di sungai, danau hingga laut mungkin hanyalah benda mati. Tapi bagi mereka, mungkin di sana terdapat peninggalan purbakala. Salah satunya adalah sebongkah batu kecil ini, yang ternyata adalah fosil hewan purba. Apakah itu?

Dikutip Ikutrame dari akun Youtube Newsflare, batu tersebut adalah sebuah fosil dari seekor kepiting purba.

Dalam sebuah rekaman timelapse menunjukkan, bagaimana seorang palaeontolog amatir mengungkap keberadaan fosil kepiting purba, yang menurutnya berumur 12 juta tahun.

Fosil itu ditemukan di pantai di Christchurch, dan terbungkus dalam batu. Dengan hati-hati, ia mengambil alat untuk menghancurkan batu yang membungkus kepiting purba tersebut.

Pria bernama Morne mengatakan kepada Newsflare: “Saya menemukan kepiting fosil di sebuah pantai di Selandia Baru. Dan kemudian menggunakan alat untuk menghilangkan batu untuk mengungkap fosil kepiting. Butuh waktu sekitar 10 jam, dan saya membuat timelapse dari itu.”

“Itu [fosil] tertanggal pada usia batu itu ditemukan di, era Miosen dalam kasus ini. Lapisan-lapisan batu telah ditanggalkan oleh beberapa ahli geologi menggunakan berbagai teknik, saya menggunakan informasi itu untuk tanggal itu. Itu bukan waktu spesifik, tetapi perkiraan,” tambahnya.

Spesies kepiting ini adalah Giganteus Tumidocarcinus. Dan biasanya ditemukan di Selandia Baru. Berikut videonya:

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker