Punya Latar Belakang Kesehatan, Aktris Bollywood Ini Jadi Sukarelawan di Rumah Sakit

Abadikini.com, JAKARTA – Aktris asal India, Shikha Malhotra menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Balasaheb Thackeray Trauma, Mumbai untuk membantu penanganan dampak virus corona.

Perempuan kelahiran 9 Juli 1994 tersebut memang memiliki latar belakang sebagai lulusan keperawatan dari Vardhaman Mahavir Medical College di Delhi dan Rumah Sakit Safdarjung.

Shikha Malhotra menceritakan apa yang membuatnya untuk berjuang di garis terdepan dengan memanfaatkan gelar keperawatannya.

“Ketika saya mendengar pesan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi tentang lockdown selama 21 hari, saya tidak bisa duduk di rumah. Sebagai seseorang dengan latar belakang medis, saya menyadari situasinya serius,” kata Shikha dikutip dari Indiatoday, Rabu (8/4/2020).

Keesokan harinya, Shikha Malhotra mulai mengunjungi rumah sakit di Mumbai hingga menemukan rumah sakit pemerintah.

“Saya diarahkan ke pengawas medis, yang kemudian menempatkan saya di ruang isolasi untuk Covid-19 karena mereka membutuhkan staf,” tutur Shikha.

Aktris yang pernah bekerja sama dengan Shah Rukh Khan di film Fan tahun 2016 ini membeberkan bagaimana keberaniannya menghadapi situasi rumah sakit yang penuh pasien positif virus corona.

“Ketika saya mendengar cerita tentang bagaimana dokter dan perawat dikucilkan dari masyarakat perumahan mereka, itu membuat saya kagum,” ujarnya.

“Kami berusaha keras untuk melindungi diri kami sendiri karena kami harus bugar untuk melayani orang-orang,” kata Shikha Malhotra.

Shikha juga mengaku mengenakan beberapa lapis perlindungan diri, mulai dari masker dan sarung tangan.

Bahkan, ia juga mengganti sarung tangan dan membersihkan tangan secara berkala agar tak ikut terinfeksi corona.

“Bahkan pasien takut pada kami, mereka khawatir akan mendapatkan virus dari kami. Banyak dari kami yang tinggal di asrama rumah sakit dan tidak pergi ke rumah pribadi, sehingga kami tidak terkena virus saat bepergian,” jelas Shikha Malhotra.

Lebih lanjut, Shikha yang bertugas selama 10 jam setiap harinya menceritakan pengalamannya menangani pasien corona.

Shikha mengaku sedih ketika melihat pasien corona yang masih berusia 7 bulan.

“Hati saya hancur melihat anak kecil menderita di bangsal. Saya pastikan memiliki waktu untuk anak-anak dan menjauhkannya dari lingkungan. Itu memberi saya kebahagiaan luar biasa ketika ibu mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka menunggu saya datang untuk giliran kerja saya,” ujar Shikha Malhotra.

Sumber Berita
Kompas.com
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close