Sah, Ariza Patria Terpilih Menjadi Wagub DKI Masa Bakti Sisa Jabatan 2017-2022

Abadikini.com, JAKARTA – DPRD DKI Jakarta akhirnya memilih politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Wakil Ketua MPR ini akan mendampingi Gubernur Anies Baswedan untuk sisa masa jabatan 2017-2022.

Riza Patria terpilih dalam rapat Parlemen Kebon Sirih, Senin (6/4/2020). Ahmad Riza Patria meraih 81 suara, unggul dibandingkan kandidat dari Partai Keadilan Sejahtera Nurmansjah Lubis dengan 17 suara. Adapun suara tidak sah 2 suara.

Riza dan Nurmansjah diajukan oleh Gerindra dan PKS ke DPRD DKI sebagai calon pendamping Anies. Keduanya muncul setelah dua calon yang diajukan PKS sebelumnya yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto tak kunjung diproses DPRD.

Riza bukan sosok baru dalam jagat politik Indonesia. Pria kelahiran Banjarmasin ini telah bergabung di Gerindra sejak partai bentukan Prabowo Subianto itu berdiri.

Pada 2008, misalnya, dia telah didapuk sebagai anggota Tim Supervisi dan Monitoring Pembentukan DPD & DPC Partai Gerindra. Selain itu menjadi Tim Khusus Verifikasi Partai Gerindra oleh Depkumham.

Dalam perjalananya, sejumlah jabatan strategis partai dipegang mantan anggota Presidium KAHMI ini. Riza juga tercatat sebagai anggota DPR. Dia lolos ke Senayan pada 2014-2019 dan periode sekarang yakni 2019-2024. Riza saat ini juga dipercaya mewakili Gerindra di kursi wakil Ketua MPR.

Pria yang pernah berkecimpung di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini sebelumnya menegaskan, siap mundur dari Parlemen jika terpilih sebagai wakil Anies.

“Terkait aturan PAW (Pergantian Antar Waktu) dan pilkada menurut UU harus mengundurkan diri. DPR mundur, TNI/Polri mundur, PNS mundur, BUMN/BUMD mundur. Itu aturan yang ada dan dikuatkan Mahkamah Konstitusi (MK). Jadi enggak ada pilihan, siapapun yang maju harus mundur,” ucapnya, Minggu (29/12/2019).

Sumber Berita
INews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close