Resmi Terpilih, Berikut Profil Muhammad Syarifuddin Ketua MA Periode 2020-2025

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial, Dr H Muhammad Syarifuddin SH MH, resmi terpilih sebagai Ketua MA menggantikan Muhammad Hatta Ali, yang sudah memasuki masa pensiun. Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA setelah memperoleh suara terbanyak dalam putaran kedua sidang paripurna khusus pemilihan Ketua MA.

Syarifuddin memulai karirnya sebagai Hakim pada 1981. Saat itu, ia mengikuti tes CPNS untuk menjadi seorang Hakim. Setelah lulus tes CPNS, Syarifuddin memulai karirnya sebagai Hakim pertama kali di Pengadilan Negeri Kutacane pada tahun 1984 .

Pada akhir tahun 1990, Syarifuddin kemudian pindah tugas ke Pengadilan Negeri Lubuk Linggau hingga 1995. Setelah dua tahun bertugas di Pengadilan Negeri Lubuk Linggau, Syarifuddin pindah tugas kembali ke Pengadilan Negeri Pariaman.

Hingga pada tahun 1999, Ia mendapat keputusan mutasi sebagai hakim di Pengadilan Negeri Baturaja. Pada tahun 2003, ia dipromosikan sebagai hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dua tahun berkarier di Ibu Kota, mengantarkan hakim kelahiran Baturaja 17 Oktober 1954 ini menjadi pimpinan pengadilan.

Ia dipercaya untuk menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung periode 2005-2006. Tak berselang lama, Syarifuddin kembali diangkat untuk mengisi kursi Ketua Pengadilan Negeri Bandung periode 2006 hingga 2011.

Usai masa jabatannya habis di PN Bandung, ia mendapat promosi sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Palembang. Tak lama, penyandang gelar Doktor Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan ini kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

Ia pun pantas menjadi Hakim Agung. Sukses sebagai Hakim Agung, Syarifuddin diberi amanah Ketua Kamar Pengawasan. Kurang dari satu tahun menjabat sebagai Ketua Kamar Pengawasan, H.M Syarifudin kemudian terpilih secara demokratis sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, menggantikan Prof. Dr. H. Mohammad Saleh,SH, MH yang akan purnabhakti.

Belum genap lima tahun sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA menggantikan Hatta Ali. Ia mendapat suara terbanyak berdasarkan proses pemilu di MA. Ia bakal menjabat sebagai Ketua MA periode 2020-2025.

Usai terpilih sebagai Ketua MA, Syarifuddin menyampaikan terimakasih telah dipercaya untuk memimpin lembaga tertinggi di peradilan. Dia berharap kepada rekan-rekannya di MA agar selalu mendukungnya melanjutkan tongkat estafet Hatta Ali.

“Terima kasih atas kepercayaan kepada saya untuk menerima tongkat estafet kepemimimpinan Ketua MA. Mulai hari ini berakhir sudah demokrasi kecil di MA. Mulai hari ini pula, saya harap tidak ada perbedaan pendapat, tidak ada dukung-mendukung di antara kita,” kata Syarifuddin, Senin (6/4/2020).

Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker