PB IDI Catat Ada 24 Dokter Meninggal karena Wabah Covid-19 di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia melaporkan hingga Ahad (5/4/2020), sudah 24 dokter yang meninggal di masa pandemi Covid-19. Demikian disampaikan Humas PB IDI Halik Malik seperti dilansir detik.com, Senin (6/4/2020).

“Setidaknya sudah ada 18 dokter dan enam dokter gigi yang gugur mendahului sejawat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” katanya

Halik lantas mengingatkan faktor risiko penderita Covid-19, termasuk tenaga medis, terpapar harus diketahu. Sehingga bisa dilakukan langkah-langkah antisipatif.

Untuk saat ini, menurut Halik, PB IDI sudah memberikan panduan kepada anggota untuk melaksanakan beberapa prosedur termasuk wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) saat melakukan penanganan.

“Sudah ada petunjuk penggunaan APD baik cara memakai atau melepas. Termasuk sistem manajemen limbah medis harus diperhatikan, ada standar yang harus diikuti. Kedua, penyesuaian layanan. Jadi disarankan kepada fasilitas kesehatan untuk lakukan screening terhadap pasien yang datang, jadi ada pemilihan pasienlah,” kata Halik.

“APD harusnya tersedia di fasilitas kesehatan. Kalau tidak mencukupi, dokter juga dianjurkan mengadakan secara mandiri atau swadaya. Fasilitas kesehatan harus upayakan, baik inisiatif RS, dukungan pemerintah atau donasi dari masyarakat,” lanjutnya.

Sumber Berita
CNBC Indonesia

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker