Donald Trump Borong Hidroksiklorokuin karena Tak Sabar Tunggu Vaksin

Abadikini.com, WHASINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Ahad (5/4/2020) mengatakan AS telah membeli Hidroksiklorokuin dalam “jumlah sangat besar” dan ada “tanda-tanda sangat kuat” bahwa obat itu bisa mengatasi virus corona meskipun kemanjurannya masih belum dikonfirmasi lewat tes.

“Saya mau saja ke laboratorium dan menghabiskan beberapa tahun untuk mengujicoba sesuatu. (Tapi) Kita tidak punya waktu. Kita tidak punya dua jam karena orang-orang akan meninggal dunia,” kata Trump dalam pengarahan di Gedung Putih.

“Apabila itu (Hidroksiklorokuin) membantu, bagus. Apabila tidak, paling tidak kita sudah mencobanya.”

Trump sebelumnya memuji sebuah studi Prancis yang mengisyaratkan bahwa Hidroksiklorokuin plus azithromycin, semacam antibiotik umum, mungkin efektif dalam mengatasi COVID-19.

Dr. Anthony Fauci, yang merupakan anggota satgas virus corona Gedung Putih, telah memperingatkan orang-orang bahwa sejauh ini hanya ada bukti “anekdot” (tanpa riset).

Obat itu berpotensi memiliki efek samping, terutama bagi jantung, dan studi yang lebih besar sedang dilakukan untuk mempelajari apakah obat itu aman untuk mengobati COVID-19.

 

Sumber Berita
VOAIndonesia
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close