Peduli Covid-19, PP Pelantang Gelar Baksos dan Desak pemerintah Berlakukan karantina wilayah

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam rangka Bakti sosial Peduli masyarakat melawan Covid-19, Pimpinan Pusat Pemuda Bulan Bintang (Pelantang) Diah Bardiah selaku Sekjen beserta jajaran pengurus lainnya menuturkan bahwa Bakti Sosial kali ini bekerjasama dengan DPP KNPI dan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak DPP PBB, pada Sabtu (04/20) di Jl. Kayu Mas, Pulogadung, Jakarta Timur.

“Setelah aksi-aksi Sosial Pimpinan Wilayah Provinsi (PW) dan Pimpinan Cabang (PC) kabupaten/kota Pemuda Bulan Bintang di seluruh tanah air, hari ini kami menyalurkan bantuan dan amanah yang telah dititipkan kepada kami brsma KNPI berupa nasi box, hand sanitizer dan masker, yang memang kebetulan salah satu Program Pemuda Bulan Bintang juga adalah siaga bencana berupa bantuan kepada masyarakat untuk pencegahan penyebaran virus covid-19 dalam bentuk hand sanitizer dan masker,” ujar Diah kepada Abadikini.com, Ahad (5/4/2020).

Menurutnya, terkait bencana virus corona ini Pemuda Bulan Bintang Bergerak sebar hand sanitizer dan 1 juta masker yang dibagikan secara langsung dan tidak langsung (online) yang selain akan disalurkan melalui masyarakat langsung juga akan disebarkan melalui Perwakilan di daerah PW dan PC  kabupaten kota yang akan melakukan bakti sosial kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Sampai hari ini peyebaran wabah Covid-19 belum kunjung reda. Oleh karena itu, kita harus terus melakukan upaya pencegahan untuk meningkatkan kewaspadaan tentunya juga dengan mengikuti arahan dan himbauan dari pihak pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

Walaupun sampai hari ini apa yang dilakukan pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 belum sempurna, dan untuk mencapai kesempurnaan itu dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas dalam sebuah kerjasama seluruh lapisan masyarakat.

“Salah satunya seperti himbauan supaya masyarakat untuk tetap tinggal dirumah selama kondisi belum stabil, tentu banyak hal-hal yang harus dipersiapkan manakala kita harus menahan diri dirumah seperti persediaan bahan makanan yang dibutuhkan masyarakat yang secara ekonomi tergolong rendah. Oleh karena itu, bantuan pemerintah dan sinergi masyarakat yang ekonominya tergolong menengah ketas akan sangat dibutuhkan,” terang Sekjen Pemuda Bulan Bintang ini.

Peduli Covid-19, PP Pemuda Bulan Bintang (Pelantang) Gelar Baksos dan Desak pemerintah Berlakukan karantina wilayah, Sabtu (4/4)

Lanjutnya, dalam hal ini perintah memang sudah menaruh perhatian khusus kepada masyarakat yang secara ekonomi menengah kebawah, dengan mengeluarkan beberapa kebijakan seperti keringanan terhadap biaya listrik, angsuran, dan kebijakan lain yang mencakup segala aspek yang berkaitan dengan penanganan virus covid-19.

“Namun, salah satu kebijakan yang kami juga soroti yaitu tentang penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Menurut kami kebijakan ini kurang begitu pas, kami lebih bersepakat pemerintah lebih menerapkan Karantina Wilayah, karena sampai saat ini situasi dirasakan makin memburuk dan sudah saatnya  pemerintah menerapkan Karantina Wilayah alias lockdown dengan segala risiko ekonomi, sosial dan politiknya. Karena nyawa dan keselamatan rakyat jauh lebih penting daripada risiko-risiko yang   saya sebutkan tadi,” jelasnya.

Ia menuturkan, seperti Malaysia yang telah menerapkan kebijakan lockdown. PM Muhyiddin mewanti-wanti warganya untuk tidak melanggar aturan lockdown. Sebab menurutnya, jika lockdown gagal, negara akan menghadapi wabah gelombang ketiga yang penyebarannya tidak akan terkendali.

Akan tetapi anehnya justru pemerintah Indonesia saat ini memberlakukan penerapan PSBB, maka dari itu Pemuda Bulan Bintang menyarankan pemerintah harus sudah mulai menerapkan Karantina Wilayah. Sebab di Indonesia saat ini, kasus Covid-19 per tanggal 3 Maret kemarin sudah mencapai 1.986 kasus yang dinyatakan positif 134 dinyatakan sembuh dan 181 pasien yang meninngal dan secara global, Covid-19 telah mencapai 900.306 kasus yang dinyatakan positif dan 45.692 pasien yang meninggal, itu berdasarkan data yang terdapat di Pusat Informasi Covid-19 Kominfo RI,” tutur Diah.

Diah selaku Sekjen Pemuda Bulan Bintang, yang kali ini mewakili Ketua Umumnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah berpatisipasi dan mendukung atas terselenggaranya Bakti Sosial ini sehingga berjalan lancar.

“Semoga segala kebaikan menjadi amal ibadah serta bermanfaat bagi yang menerimanya juga bisa bekerjasama kembali dalam agenda-agenda Pemuda Bulan Bintang kedepannya,” tutupnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker