Dihimbau Tak Mudik, Gim Bus Simulator Indonesia (Bussid) Bisa Obati Kerinduan Perjalanan Mudik Anda

Gim Bus Simulator Indonesia (Bussid) mengajak Anda merasakan bagaimana menjadi seorang pengemudi bus antarkota. Mengumpulkan uang dengan mencari penumpang sebanyak-banyaknya di terminal dan halte yang dilalui lewat Carreer Mode

Abadikini.com, JAKARTA – Gim yang satu ini mungkin bisa menemani hari-hari Anda yang tidak bisa kemana-mana untuk menghindari paparan virus corona jenis baru atau Covid-19. Anda dibawa berkeliling ke sejumlah kota di Sumatra, Jawa, dan Madura menggunakan sebuah bus.

Gim Bus Simulator Indonesia (Bussid) mengajak Anda merasakan bagaimana menjadi seorang pengemudi bus antarkota. Mengumpulkan uang dengan mencari penumpang sebanyak-banyaknya di terminal dan halte yang dilalui lewat Carreer Mode.

Uang yang berhasil Anda kumpulkan nantinya digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari kebutuhan operasional seperti membayar BBM, tol, dan tiket penyeberangan apabila harus menyeberang lewat Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni.

Selain itu uang tersebut bisa digunakan untuk menambahkan sejumlah aksesoris di eksterior maupun interior bus Anda. Anda bisa menambahkan berbagai jenis lampu tambahan, bumper pengaman, sepatbor (mud flap), tirai kaca, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mengganti corak warna bus sesuai keinginan. Namun, untuk mengganti corak warna Anda harus mengunduh file gambar berformat .png secara terpisah di sejumlah laman penggemar gim ini. File tersebut juga bisa dimodifikasi sesuai keinginan mengunakan aplikasi pengolah gambar layaknya Adobe Photoshop di komputer atau PicsArt di ponsel Anda.

Jika uang sudah mencukupi, tak ada salahnya juga Anda membeli bus tambahan untuk memperkuat armada. Tersedia sejumlah model bus yang mirip dengan bus keluaran karoseri ternama di Tanah Air yang bisa Anda pilih.

Mengemudikan bus di gim besutan pengembang lokal, Maleo ini tidaklah sulit. Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan setir kecil dan tombol yang berada di layar bersama tombol instrumen (lampu, klakson, penyapu kaca, dan lain-lain) atau mengaktifkan sensor gerak di ponsel Anda.

Namun, dari ketiganya menurut Bisnis yang paling pas untuk digunakan adalah setir kecil, terlebih jika harus melahap jalanan berliku atau parkir di sudut yang sempit. Setir kecil itu bisa diputar sampai dengan 180 derajat layaknya setir mobil pada umumnya.

Di gim ini Anda juga bisa mengatur jenis transmisi yang digunakan, mulai dari otomatis hingga manual yang terdiri dari dua jenis. Pertama adalah dengan dua tombol untuk menaik turunkan gigi transmisi dan yang kedua tombol yang digerakkan dengan pola seperti tuas transmisi mobil pada umumya.

Selain Career Mode, Bussid juga menyediakan Free Mode dan Multiplayer Mode. Lewat Free Mode, Anda bisa berkeliling tanpa perlu keluar masuk terminal dan berhenti di halte yang dilewati layaknya bus pariwisata. Tapi Anda tidak bisa mendapatkan uang seperti di Career Mode.

Kemudian ada Multiplayer Mode yang mana Anda bisa bermain secara daring dengan pemain lainnya. Tinggal pilih dan bergabung ke Room yang sudah ada atau membuat Room baru khusus untuk Anda dan teman-teman.

Sebagai catatan, anda harus membayar untuk bermain di Multiplayer Mode. Namun, jika Anda enggan mengeluarkan uang ada opsi menonton video iklan sebagai penggantinya.

Suasana Mirip Seperti Aslinya

Suasana jalanan yang harus Anda lewati dari mulai Bukittinggi, Sumatra Barat hingga Bangkalan, Madura yang ada di peta Bussid memang tidak sepenuhnya mirip dengan aslinya, Namun, suasana jalanan yang ada betul-betul kental dengan nuansa lokal. Ada warung kaki lima, pedangang asongan, hingga tukang tambal ban yang bisa Anda temui di sepanjang jalan.

Lewat gim ini Anda juga bisa merasakan bagaimana mengemudikan bus di lintasan pegunungan yang boleh dibilang cukup ekstrim seperti Kelok 9 dan Sitinjau Laut di Sumatra Barat. Selain itu, Anda juga bisa melihat suasana Terminal Payung Sekaki, Pekanbaru yang dibuat mirip seperti aslinya dengan ornamen-ornamen khas Melayu.

Bussid bisa Anda mainkan di ponsel dengan RAM minimal 2GB. Adapun, untuk kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan hanya 446MB.

Gim ini juga bisa diunduh secara cuma-cuma di Google Playstore. Namun, karena bisa dinikmati tanpa perlu membayar ada konsekuensi yang harus Anda terima.

Permainan terkadang harus terhenti sejenak lantaran Anda diminta untuk menonton video iklan selama beberapa detik. Video iklan itu juga bisa Anda temukan sebelum gim dimulai atau saat proses loading.

Menganggu memang, tetapi namanya juga gim cuma-cuma mau bagaimana lagi? Hingga saat ini belum ada opsi berbayar dari Bussid yang ditawarkan oleh Maleo. Pengembang gim itu hanya rutin melakukan pembaruan yang menambah fitur atau luasan peta saja.

 

Sumber Berita
Bisnis.com
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close