Andika Mahesa Ketuai TIM Relawan PBB Lampung Peduli Masyarakat Bersama Melawan COVID-19

Abadikini.com, BANDAR LAMPUNG – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (YIM) pada tanggal 24 Februari 2020 saat beliau menjadi narasumber dalam sebuah diskusi yang diadakan oleh RS YARSI dan Keluarga besar Partai Bulan Bintang (PBB) di Jakarta.

Ketua DPW PBB Lampung Setiawan Hasni menilai, Yusril sudah mampu memperediksi bahaya besar mengancam dunia termasuk negara Indonesia yang kita cintai ini. Menurtnya, Yusril memberikan masukan danjuga solusi jauh sebelum wabah ini belum marak di indonesia dan baru merebak dengan pesat di kota Wuhan China tempat asalnya virus covid-19 ini ditemukan pertamakali.

“Dalam acara diskusi tersebut Yusril mengutip sebuah hadist Rasullulah Muhammad SAW “Apabila merebak Suatu wabah penyakit disuatu negeri maka janganlah kamu pergi (datang) kenegeri itu begitu juga apabila kalian berada dimana wabah penyakit itu sedang merebak maka jangan meninggal tempat itu” hadist tersebut tersebut sangat relevan untuk diterapkan mengatasi wabah corona covid-19 yang menghantui dunia pada saat ini, kalau kita terjemahkan pada saat ini di negara republik Indonesia maka sesui dengan isi UU nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan,” kata Setiawan kepada Abadikini.com, Ahad (5/4/2020).

Tentu saja kata Setiawan, pemberlakuan dari UU nomor 6 tahun 2018 itu hanya bisa ditetapkan oleh pemangku kebijakan pemerintahan tertinggi yaitu Presiden, tetapi pada saat ini pemerintah tidak menerapkan UU tersebut tetapi pemerintah melalui presiden menetapkan PP (Peraturan Pemerintah) 21/2020 tentang PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) dan KEPRES no 11 th 2020 tentang Penetapan Kedaruratan  Kesehatan Masyrakat Corona Virus Disease 2019 (covid-19) yang secara esensial berbeda dari UU nomor 6 tahun 2018.

“Walaupun banyak kalangan masyarakat yang kecewa dengan lambatnya pemerintah mengambil tindakan-tindakan guna untuk menyelamatkan nyawa rakyat indonesia dari ancaman wabah covid-19 ini tapi marilah kita setiap komponen bangsa mengambil posisi sebagai pemecah masalah (problem solving) dari yang kita hadapi ini,” ujarnya.

Andika Mahesa Ketuai TIM Relawan PBB Lampung Peduli Masyarakat Bersama Melawan COVID-19

Setiawan menegaskan, DPW PBB melihat begitu cepatnya perkembangan penyebaran dari wabah ini yang semakin menghawatirkan di Provinsi Lampung serta juga dampak lain dari pemberlakuan pembatasan sosial (sosial distancing) oleh pemerintah sehinga bagi masyarakat yang berpenghasilan tidak menentu seperti buruh harian, sopir angkutan umum, tukang ojek, pedagang kecil, dll yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka berupa kebutuhan pangan.

“Oleh karna itu kami membentuk tim relawan PBB lampung “peduli masyarakat bersama melawan covid-19” yang di ketuai oleh publik vigur seorang artis yang peduli Andika Mahesa (eks vokalis Kangen Band) yang merupakan fungsionaris DPW PBB lampung dan juga bersama masyarakat peduli serta seluruh komponen Partai Bulan Bintang, Pemuda Bulan Bintang, Brigade Hizbullah, BSM BB, Muslimat Bulan Bintang,” tegasnya.

Tim ini relawan ini kata Setiawan, akan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang bagaimana menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat dari bahaya wabah covid-19. Selain itu juga terang dia, tim akan membagikan masker dan sembako gratis kepada masyarakat yang membutuhkan di Provinsi Lampung.

“Untuk melaksanakan niatan baik tersebut kami juga membuka donasi bagi masyarakat yang ingin bersama-sama ambil bagian dari menangulangi wabah covid- 19 ini, dan membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita semua untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka dalam kondisi yang sulit ini,” imbuhnya.

“Selamat bekerja kepada Tim Relawan semoga Allah SWT selalu melindungi dan menyelamatkan bangsa kita dari wabah penyakit dan marabahaya,” pungkasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close