Rumah de GiRi Bantu Ojol Hingga Tukang Becak Terdampak Covid-19

Abadikini.com, BANYUWANGI – Rumah Demokrasi, Gagasan dan InspiRasI (de GiRi) mengadakan aksi sosial sebagai respon terhadap situasi yang sedang dihadapi masyarakat saat ini. Rumah de GiRi merupakan rumah aspirasi dari Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jatim III, Sonny T. Danaparamita.

Rumah de GiRi membagikan nasi bungkus, hand sanitizer, minuman herbal secara gratis kepada driver ojol, sopir angkot, tukang becak dan lapisan masyarakat yang mengalami dampak penurunan penghasilan (ekonomi) sebagai akibat dari bencana wabah corona.

Direktur Rumah de GiRi, Erik Trisdiantana yang juga Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Banyuwangi mengatakan nasi bungkus yang dibagikan dibeli warung-warung yang kena dampak wabah corona.

“nasi bungkus itu kami beli dari warung-warung yang akibat dari wabah ini mengalami penurunan omset. Jadi satu kegiatan dapat membantu meringankan beban 2 pihak,” kata Erik. Kamis, (02/4/2020).

“Kami juga membuat hand sanitizer dengan bahan alami (daun sirih dan jeruk nipis) yang banyak tersedia di sekitar. Memang tidak untuk penyimpanan dalam waktu lama, tapi paling tidak masyarakat dapat membuat hand sanitizer sendiri,” ujarnya.

Rumah de GiRi juga membagikan brosur yang berisi info singkat tentang bagaimana berperilaku hidup bersih agar terhindar dari virus ini.

Para pengemudi/driver ojek online yang hadir saat itu menyampaikan rasa terima kasih kepada relawan Rumah DEGIRI karena mereka merasa terbantu dan diperhatikan dengan adanya kegiatan semacam ini.

“Terima kasih telah memperhatikan kami, driver ojek online yang sejak mewabahnya virus corona ini pendapatan menurun drastis, saat ini sehari hanya dapat dua orderan, padahal biasanya bisa sampai 15 order dalam sehari”, ungkap salah seorang driver ojek online.

Agenda lain yang akan dilakukan oleh relawan Rumah de GiRi adalah membagikan sprayer disinfektan ke beberapa tempat publik, sebagai upaya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan berperilaku hidup sehat secara mandiri, agar terhindar dari virus ini.

Sebelumnya, Rumah de GiRi juga telah membuat bilik desinfektan yang praktis dan murah. Harapannya, agar di tiap RT dapat membuatnya secara mandiri.

“Kami telah membikin beberapa bilik disinfektan dengan biaya total perbilik sebesar Rp 1.350.000. Saya kira ini biaya yang sangat bisa dijangkau oleh masyarakat.

Apalagi Pemerintah sudah menyampaikan bahwa, Dana Desa bisa dipergunakan untuk hal seperti ini,” terang koordinator kegiatan, Syaiful Noor.

Dalam kesempatan yang sama, disampaikan pula pesan dari Sonny T. Danaparamita, Anggota DPR RI yang juga putera daerah, diharapkan masyarakat untuk menghindari panik dan stress

“Karena, selain berperilaku hidup bersih, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, ternyata daya tahan tubuh akan terjaga apabila kita terhindar dari rasa panik dan stress,” tuturnya.

“Kami berharap, kegiatan semacam ini bisa gayung bersambut dari masyarakat yang lebih beruntung. Bisa masing-masing, atau bersama-sama dengan kami melakukan hal ini.

“Kita bergotong-royong dan berjuang bersama, namun tetap mengikuti protokol kesehatan dalam mencegah wabah Corona sebagaimana yang telah dianjurkan oleh pemerintah,” pungkas Erik.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker