Meski Baru 6 Tahun, Bocah dari Makassar Ikhlas Pecahkan Celengannya untuk Sumbang APD

Abadikini.com, MAKASSAR – Seorang anak berusia 6 tahun membawa celengan plastik berbentuk ikan, masuk ke Sekretarian Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel, di bilangan Jalan Toddopuli 7 Makassar, Sulawesi Selatan.

Yasim Saman Ahmad, diantar ibunya Mardiana Rusli, 43, menyumbangkan isi celengannya, untuk membatu para relawan pemberantas virus korona alias covid-19.

“Isi celengannya akan disumbangkan. Untuk bantu belikan kakak dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kakak dokter,” katanya sembari mendekap celengan ikan, Jumat (3/4/2020).

Menurut ibunya, murid SD Madani Pao-pao, Kabupaten Gowa itu, memang selalu menabung sisa uang jajan dalam bentuk uang receh. Yasmin diajar menabung sejak usia dua tahun, dan setiap dua tahun akan dibuka untuk disumbangkan.

“Niatnya memang untuk kemanusian. Dan kami mengajarkan pada anak-anak kami, betapa rasa kemanusiaan tak berbatas sekat, dan sumbangan ini, atas inisiatif Yasmin sendiri,” jelas Mardiana.

Setelah celengan dibuka, Yasmin, ibu, dan pengurus jurnalis peduli kemanusiaan menghitung isi celengan satu persatu. Dan setelah dihitung jumlahnya mencapai angka Rp448.800.

Koordinator Jaringan Peduli Kemanusiaan Sulsel Darwin Fatir, mengaku terharu dengan apa yang dilakukan Yasmin tersebut.

“Patut mendapat apresiasi, Yasmin diusia masih sangat muda ini sudah peduli akan kemanusiaan. Kami sangat salut dan bangga serta berterima kasih atas sumbangan yang diberikan,” kata Darwin.

Hingga saat ini, sejak dibentuk 31 Maret lalu, Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel telah mengumpulkan dana sebanyak Rp8.986.800. “Dana tersebut berasal dari kalangan jurnalis maupun pribadi dari jaringan jurnalis,” sebut Darwin.

Dana yang terkumpul, sebagian sudah digunakan memesan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang berjibaku di garda terdepan, manangani pasien korona.

Adapun item APD yang dimaksud berupa jubah, sarung tangan, dan masker sebanyak 33 pasang senilai Rp5,2 juta rupiah yang sementara ini dikirim ke Makassar. “Target kami sih targetnya 1.000 paket APD,” lanjut Darwin.

Rencananya, semua APD, akan didistribusikan setelah barang tersebut tiba di Makassar ke semua rumah sakit rujukan covid-19 di Sulsel.

Sumber Berita
Media Indonesia
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close