Virus Corona Bisa Dicegah dengan 3 Produk Ini Salah Satunya Cocok Juga Untuk Buat Desinfektan Sendiri

Abadikini.com, JAKARTA – Penelitian yang dilakukan para ilmuwan memberi data bahwa virus corona Covid-19 dapat bertahan di udara, tembaga, kardus, plastik, dan stainless steel dalam kurun waktu yang berbeda.

Ilmuwan menemukan virus Corona baru dapat bertahan hingga 3 jam di udara dalam bentuk aerosol, 4 jam pada tembaga, 24 jam pada kardus, dan 2 hingga 3 hari pada plastik dan stainless steel.

Selain rajin mencuci tangan, barang-barang di rumah yang terbuat dari salah satu benda di atas pun harus dibersihkan. Dilansir dari Science Alert, berikut produk pembersih yang bisa digunakan untuk membunuh virus corona di rumah:

1. Sabun dan air

Opsi pertama yang paling penting digunakan untuk menghilangkan virus corona Covid-19 dari permukaan. Menurut Juan Leon, seorang ilmuwan kesehatan lingkungan di Emory University, virus corona adalah virus yang diselimuti dengan lapisan lemak pelindung.

Sabun dapat menggangu lapisan lemak dalam kulit virus dan menghilangkan virus dari permukaan setelah dibilas dengan air.

2. Pemutih

Pemutih memiliki bahan aktif yang sangat efektif membunuh virus, yaitu natrium hipoklorit. Pemutih umumnya bekerja selama 10 sampai 15 menit di permukaan lalu bersihkan dengan kain bersih.

Pemutih bekerja dengan menghancurkan protein dan asam ribonukleat (RNA) dari virus. Sebelum mengaplikasikannya pada permukaan, pastikan menggunakan pemutih sesuai petunjuk pada kemasan.

3. Surgical Spirit

Sebagian besar terdiri atas etanol alkohol. Etanol telah terbukti membunuh virus corona hanya dalam 30 detik. Sama seperti halnya pemutih, alkohol menghancurkan protein dan RNA yang tersusun dari virus tersebut.

Untuk mengaplikasikannya pada permukaan, basahi kain dengan sedikit surgical spirit dan gosokkan ke permukaan yang ingin dibersikan. Bahan ini akan menguap sehingga tidak perlu membersihkan atau membilasnya kembali.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker