Masyarakat Desak BumDes Haiti Karya Desa Rambah Tengah Barat di Audit

Abadikini.com, ROKAN HULU – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Rokan Hulu akhir-akhir ini banyak mati suri tinggal nama atau tidak berjalan sama sekali sebagai mana mestinya. Salah satunya BUMDes, Haiti Karya, Desa Rambah Tengah Barat. kecamatan Rambah

Namun demikian, ada  juga sejumlah BumDes justru berjalan dengan baik dan mampu berkembang.sesuai harapan dan tujuan BumDes itu sendiri sesuai dengan tupoksinya yakni meningkatkan ekonomi masyarakat,

Menurut pengakuan salah satu Tokoh Masyarakat Desa Rambah Tengah Barat yang berinisial Nst Semua ini di akibatkan karna tidak adanya keseriusan Kades dalam mengelola BumDes di desa Rambah Tengah Barat (kaiti) yang kelihatannya tidak punya niat baik untuk mengembangkanBumDes Haiti Karya,” kata dia kepada Abadikini.com, Senin (30/3/2020).

Lanjutnya, Pihak Desa dan Pemerintah Provinsi Bahkan sudah di menganggarkan dana untuk pembinaan pertahunnya Melalui Anggaran Dana Desa(ADD) demi untuk majunya BUMDes di desa-desa sesuai dengan program pemerintah meningkatkan kesejahtaraan bagi masyarakat didesanya.

Masih dengan pak Nst, Beliau menyampaikan bahwa sebenarnya banyak potensi usaha yang bisa di kembangkan di desa Rambah Tengah Barat ini melalui BUMDes, “Salah satunya pengembangan Gula aren,Wisata dan kelompok tani karet serta sawit,Sehingga nantinya dapat membantu petani  yang ada di desa Rambah Tengah Barat,” ujarnya.

Dia megaskan, perlu ketegasan semua pihak yang berkepentingan dalam pengawasan penerapan Anggaran Dana Desa(ADD) dan dana yang di gelontorkan ke BumDes “sehingga penggunaan Anggaran Dana Desa yang mestinya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di desa itu sendiri, dan bukan menjadi objek bagi oknum dengan dalih BUMDes,” tegasnya.

Pasalnya kata dia,hal ini karena kami melihat penggunaan Dana Desa untuk kepentingan BUMDes, “justru disalah gunakan sehingga keberadaan BUMDes di Desa Rambah Tengah Barat bukan untuk mensejahtrakan masyarakat, Namun ini kembali kepada penilaian kita masing-masing,” imbuhnya.

Sementara, pihak DPMPD Kabupaten Rokan Hulu sa’at di mintai konfirmasi nya, mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan upaya maksimal untuk memajukan BUMDes di Desa Rambah Tengah Barat.

Akan tetapi kata dia, dalam hal ini pihaknya sebatas pendamping dan Pembina tentu saja kemajuan BUMDes di desa-desa itu tergantung pada kadesnya masing-masing karna mereka para kadeslah  yang lebih tahu,potensi apa saja yang bisa di kelola demi kemajuan Bumdesnya.

“Jadi pada intinya, majunya suatu BUMDes bukan terletak pada pihak luar, tapi tergantung  kepada pemangku jabatan di Desanya masing-masing,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker