Densus 88 Berhasil Gagalkan Rencana Serangan Kelompok Teroris Batang

Abadikini.com, JAKARTA – Kelompok terduga teroris yang ditangkap di Kabupaten Batang, Jawa Tengah kini dalam penyidikan Densus 88 Mabes Polri.

Terlebih dari terduga teroris inisial ZN, Densus 88 menyita beberapa barang bukti yaitu senjata api hingga cashing untuk ‎membuat bom rakitan.

“Awalnya diamankan empat terduga teroris, ada MS, MW, MT dan MF. Lalu diamankan lagi satu terduga inisial ZN. Seluruhnya diamankan di Batang,” ungkap Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono dalam keterangannya di Bareskrim Polri, Senin (30/3/2020).

“Dari kediaman ZN disita Cashing untuk membuat bom rakitan, bahan racikan bom, adonan sudah diracik kami dapatkan juga. Kemudian ada switching,” tutur Argo lagi.

Jenderal bintang satu ini menambahkan dari pengakuan ZN, diketahui kelompok mereka pernah melakukan uji coba pada bom yang dirakitnya sendiri.

“Densus 88 berhasil mengamankan ZN, sebelum melakukan aksinya,” tambah mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini.

Diketahui pada Rabu (25/3/2020) lalu, Densus 88 Mabes Polri menggerebek rumah terduga teroris dan mengamankan empat orang yakni MS,MW, MT dan MF.

Terduga MT terpaksa ditembak karena melawan petugas menggunakan samurai ketika hendak ditangkap. Jenazah MT dibawa ke RS Bhayangkara Semarang, Jawa Tengah.

Selanjutnya Densus 88 Mabes Polri melakukan penggeledahan di rumah tersebut. Densus menemukan barang bukti beberapa dus berisi cairan kimia, kabel, laptop, dokumen.

Turut disita pula parang, sangkur komando, golok, samurai, 10 bungkus korek api, 10 resistor, 4 handphone, dan lainnya.

Selanjutnya Densus 88 Mabes Polri melakukan pengembangan di sekitar Batang, hingga ditangkaplah terduga teroris inisial ZN.

Kelompok Batang ini merupakan bagian dari Jamaah ansharut Daulah (JAD) kelompok Batang, Makassar dan Kendal.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close