Dokter Tirta Tumbang dan Jadi PDP, Banjir Dukungan dan Masih Semangat Lawan Corona

Abadikini.com, JAKARTA – Relawan peduli pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) Tirta Mandira Hudi atau yang akrab disapa dr. Tirta mengonfirmasi dirinya mengalami kelelahan akibat aktivitas beberapa waktu terakhir.

Tirta mengatakan dirinya akan rehat sejenak dari kegiatan sosial terkait corona. Dia sedang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Kartika Pulomas, Jakarta Timur, per Sabtu (28/3/2020).

“Saya masih sakit karena kecapekan. Jadi memutuskan bed rest total dan disuruh ke rumah sakit,” kata Tirta

Dia juga membagikan keadaan kesehatannya terkini di akun Twitter @tirta_hudhi. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada itu mengaku sedang mengalami gejala batuk dan demam hari ini.

Kondisi dr Tirta, dokter muda yang menjadi relawan hadapi virus corona di Indonesia mendadak drop.

Melalui akun Instagramnya, @dr.tirta, ia mengabarkan kalau akhirnya memutuskan untuk bedrest total di rumah. Ini setelah ia selama 14 hari berturut-turut di jalanan untuk memberikan edukasi dan membagikan APD (alat pelindung diri) untuk beberapa rumah sakit. Setidaknya ada 20 rumah sakit katanya.

“Mulai hari ini, saya memutuskan bedrest total , di rumah saya sendiri. Saya sudah diperintah semua senior saya untuk bedrest total. Katanya saya over exhausted. Kecapekan hahahaha,” ungkapnya pada postingannya pada Sabtu (28/3/2020).

Di saat kondisinya yang sudah drop, ia masih meminta maaf karena tak bisa membantu untuk sementara waktu.

“Saya mnta maaf tidak bisa turun lapangan lagi. Tapi semua temen2 saya @kurirkebaikan.id akan meneruskan ini. Saya akan fokuskan mengirim APD keluar jakarta dulu,” lanjutnya.

Dr Tirta bahkan sudah siap dengan kemungkinan terburuk kalau dirinya positif Covid-19 atau virus corona ini.

“Jikalau suatu saat saya positif covid, percayalah, semangat saya nggak akan padam. Bahkan jika saya sekarat sekalipun, perlawanan akan tetap jalan. See you guys. Hidup mati di tangan Allah. Tapi yang penting berjuang dulu di sini,” tambahnya.

Yang bikin haru, ada satu kalimatnya soal kalau dirinya berjuang menjadi relawan untuk tidak dikenang.

“Saya harap apa yg saya lakukan menggerakkan hati kalian dimanapun kalian berada, kami siap mati demi negara ini. Saya ga butuh dikenang. Saya cuma melakukan tugas saya,” katanya.

Dr Tirta pun langsung mendapat banyak support dari rekan-rekan selebriti. Mulai dari Felix Siauw hingga Ria Ricis.

“Syafakallahu syifaan ajilan dok,” doa @felixsiauw.

“Dok, lekas pulih kembali,” tulis @jess_amalia20.

“Walah… Mesti leren. Speedy recovery,” saran @reisabrotoasmoro.

“Semangat!! Loe pasti sehat lagi,” komentar @augiefantinus.

“Lekas sehat kembali bro,” komentar @ernestprakasa.

“kita lanjutkan!!!” janji @riaricis1795.

dr Tirta pun sudah ke rumah sakit untuk mengecek kesehatannya.

“Saya memutuskan today berangkat ke RUMAH SAKIT, agar mendapat perawatan dari kaka tingkat saya. Agar cepet sembuh, dan melayani kalian lagi. Saya screening negatif, penentuan saya adalah swab test. Kalo sampe positif. Yowis apes bro hahahaha. Moga2 negatif,” jelasnya.

Semoga lekas sembuh dr Tirta dan bisa berjuang lagi.


Akan Tes Corona

Tirta masih sempat menyiapkan bantuan alat pelindung diri (APD) ke RSUP Sardjito Yogyakarta dan Rumah Sakit Kramat 128, Jakarta Pusat, sebelum memutuskan untuk rehat karena kondisinya menurun.

Tirta berencana melakukan tes kesehatan terkait corona. Namun ia harus menunggu beberapa hari untuk mengikuti tes tersebut.

“Saya di rumah sakit ini, tapi swab test-nya di hari ketiga. Sekarang opname di RS Kartika,” tuturnya.

Meski rehat sejenak, ia memastikan kegiatan sosial terkait corona tetap akan berjalan. Tirta berkata sejumlah relawan lainnya akan meneruskan perjuangan yang telah ia mulai.

Tirta Mandira Hudi atau dr. Tirta lebih dikenal jagat media sosial sebagai pengamat dan pebisnis sepatu sneakers. Ia juga menyandang gelar dokter dari UGM.

Saat virus corona merebak, nama Tirta dikenal publik karena kegiatan sosial. Dia menjadi bagian dari penggalangan donasi #NutrisiGardaTerdepan dan Bersatu Saling Bantu di media sosial.

Sumber Berita
CNN Indonesia
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close