Pemerintah Harus Punya “Plan B” dalam Mengevakuasi Rakyat dari Ancaman Covid-19 yang Lebih Besar

Abadikini.com, DENPASAR – Partai Bulan Bintang (PBB) melihat perkembangan penanganan Corona Virus atau Covid-19 yang masih lamban, serta angka kasus semakin meningkat, pemerintah harus punya “Plan B” dalam mengevakuasi warga negara atau Rakyat Indonesia dari ancaman wabah Corona yang lebih besar.

Selain itu PBB juga mendorong kepada pemerintah agar perlu adanya sinergitas dan kerjasama berbagai elemen baik antara pemerintah dan masyarakat.

Karena, menurut anak buah Yusril Ihza Mahendra ini rapid test yang dilakukan selama ini terlihat lamban dalam mengantisipasi lonjakan angka kasus Covid-19 di Tanah Air yang semakin hari semakin naik.

Demikian dikatakan Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB), Provinsi Bali, Shalahuddin Jamil melaui rilisnya kepada Abadikini.com, Sabtu 28 Maret 2020.

Berikut ini saran dari PBB kepada Pemerintah pusat untuk membuat opsi “Plan B”karena sudah terlanjur masuk pada situasi darurat akut:

Lockdown

1. Pemerintah pusat memberi himbauan kepada pemerintah daerah untuk membuka informasi status penyebaran covid19 kepada masyarakat. Bagi dalam 3 kategori Zona Merah (PDP), Zona kuning (ODP), dan Zona Hijau (Aman) Per desa/kelurahan.

2. Setiap Pemerintah Daerah memberikan aturan bahwa warga di Zona Merah dan zona kuning wajib mengisolasi diri , dan tidak ada boleh yang keluar dari zona tersebut untuk aktifitas apapun.

3. Warga dizona hijau, agar tidak melakukan aktifitas keluar zona atau melintasi dan melakukan aktifitas di zona merah dan kuning.

4. Setiap warga diwajibkan menjaga kebersihan lingkungan, dan disiplin terhadap aturan yang ditetapkan.

5. Lakukan pendataan disetiap wilayah yang menjadi tujuan mudik warga negara, agar bisa dilakukan pencegahan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Suply Pangan

6. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan harian pada zona merah dan kuning selama masa karantina atau isolasi. Ini meringankan beban pemerintah karena beberapa zona yang ditandai adalah yang berstatus darurat.

7. Setiap warga negara dalam kategori mampu di zona hijau, baik itu pengusaha, artis, kreator youtube, pegiat sosial, dlll. dihimbau agar bisa berbagi dengan sodara setanah air. Tetangganya ataupun kerabat terdekatnya. Karena saat inilah Bangsa Indonesia memanggil kita untuk saling membantu satu sama lain.

Ekonomi

8. Lembaga keuangan OJK agar memberikan keringanan bagi pelaku kredit baik mikro ataupun makro dalam jangka waktu tertentu. Selama ini lembaga pembiayaan swasta sudah meraup keuntungan yang sangat besar di Negeri tercinta ini. Jangan sampai rakyat yang selama ini membesarkan, justru mati kelaparan karena dipaksakan membayar angsuran. Saat inilah Pemerintah mampu menekan pihak manapun. Bahwa HIDUP RAKYAT adalah yang UTAMA.

9. Setelah masa pemulihan, segera rangkul negara sahabat untuk bekerjasama dalam bidang kesehatan, ekonomi, dan membangun kembali kekuatan pangan dalam negeri.

Semoga Allah selalu merahmati dan melindungi kita semua.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close