Bantaeng Pantau 46 Orang, Satu PDP dikirim ke RS Wahidin Sudirohusodo

Abadikini.com, BANTAENG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantaeng intensif melakukan upaya preventif dan promotif dalam membendung pergerakan dan penyebaran virus corona. Bantaeng belum ada Pasien positif virus covid-19.

Namun, menurut data yang dihimpun, ada 46 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Satu orang  berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Khusus yang berstatus PDP kini dirawat di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Identifikasi ODP dan PDP itu pun dari hasil skrining door to door yang telah dilakukan tim surveilans puskesmas. Dibantu Babinsa, Babhinkamtibmas, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Juga partisipasi aktif masyarakat dalam melaporkan informasi kedatangan penduduk dari luar Bantaeng.

Sebanyak 54 warga negara asing (WNA) yang bekerja di PT Huadi Nickel Alloy Indonesia diperiksa. Termasuk 425 warga negara Indonesia.

Hasilnya, 10 pekerja dinyatakan berstatus ODP. Namun, setelah 14 hari, semuanya dinyatakan sehat.

Tim Gugus Tugas juga melakukan skrining penumpang kapal barang di PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dan pemeriksaan kesehatan terhadap 13 kru kapal.loading.

Hal yang sama dilakukan terhadap penumpang KM Sabuk Nusantara di Pelabuhan Bonto Jai.

Dinas Kesehatan Bantaeng gencar melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat umum. Yakni 457 masjid dan musala, 3 gereja, 86 sekolah, 38 perkantoran, 5 pasar, 2 rusunawa, 3 terminal serta tempat-tempat wisata diantaranya Pantai Seruni, Pantai Marina, dan lain-lain. Juga seluruh kendaraan disemprotkan cairan disinfektan.

Pemkab Bantaeng juga membagikan leaflet imbauan tentang pencegahan virus corona (Covid-19). Serta pemasangan poster maklumat Kapolri dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Semoga bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bantaeng. Kami meneruskan imbauan bupati untuk senantiasa melakukan social distancing dan physical distancing,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, di lansir dari rakyatku.com, Kamis (26/3/2020)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker