Kota Severo-Kurilsk di Rusia Diguncang Gempa Magnitudo 7,2 dan Diterjang Tsunami 50 Meter

Abadikini.com, MOSKOW – Penduduk Severo-Kurilsk, sebuah kota kecil Rusia dengan populasi lebih dari 2.500 di ujung utara Kepulauan Kuril, dievakuasi ke tempat yang aman setelah gempa bumi kuat memicu peringatan tsunami.

“Keselamatan orang adalah yang paling penting bagi kami. Penting untuk memastikan bahwa tidak ada orang di daerah yang mungkin terkena dampak gelombang,” kata Gubernur Wilayah Sakhalin Valery Limarenko ketika mengumumkan evakuasi pada Rabu sore, tak lama setelah gempa bumi mengguncang kota.

Diwartakan Russia Today, Rabu (25/3/2020), penduduk kota, yang berada di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut itudibawa ke tempat yang lebih tinggi. Siswa dan staf kamar bayi dan sekolah termasuk di antara mereka yang dievakuasi.

Dinas layanan darurat regional melaporkan, gelombang tsunami kecil setinggi 50 meter menghantam pulau itu sekira pukul 15:15 waktu setempat, tanpa meninggalkan korban atau kerusakan properti. Mereka memperingatkan warga untuk tinggal di daerah aman karena ancaman gelombang kedua yang potensial terjadi.

Tsunami dipicu oleh gempa berkekuatan magnitudo 7,2 yang melanda 210 km dari Severo-Kurilsk pada Rabu sore. Getaran dilaporkan berlangsung hingga 20 menit sebelum berhenti.

Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker