HOAKS: Presiden Rusia Vladimir Putin Lepas 800 Ekor Singa agar Warga Tak Keluar Rumah

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar unggahan di media sosial yang menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin mengerahkan singa dan harimau untuk menakut-nakuti warga agar tidak keluar di tengah wabah Corona. Bagaimana faktanya?

Kabar soal Putin mengerahkan singa dan harimau untuk menekan warga Rusia agar tak keluar rumah itu muncul dalam sebuah foto. Seperti dilihat detikcom, Ahad (22/3/2020), dalam foto tersebut, tampak singa sedang berkeliaran di lampu merah pada tengah malam. Di atas foto itu, ada caption berbunyi ‘Vladmir Putin has dropped 800 Lions and Tigers across the country to push people to stay at home.’

detikcom mencoba menelusurinya melalui Google Image. Banyak foto yang identik dengan foto tersebut. Kebanyakan foto diunggah pada 2017.

Namun, di situs berbagi gambar seperti Imgur.com, gambar ini diunggah pada 14 April 2016. Padahal, wabah virus Corona baru muncul di Wuhan, China, pada Desember 2019. Cek di sini.

Selanjutnya pencarian dilakukan melalui kolom pencarian Google dengan memakai kata kunci ‘lion’ dan ‘Jorissen ST’. Jorissen ST merupakan nama jalan yang tampak sekilas di dalam foto tersebut. Foto tersebut, ternyata pernah diberitakan oleh dailymail.co.uk, 15 April 2016 dalam berita berjudul ‘Paws at the traffic lights! Giant male lion is seen prowling around the streets of South Africa’s biggest city (but it’s not as dangerous as you’d think)’.

Dalam berita dijelaskan bahwa singa tersebut memang sengaja dilepas di Kota Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel). Singa itu, menurut berita dailymail, bernama Columbus. Dia berasal dari salah satu kebun binatang di wilayah Afsel. Columbus dilepas untuk keperluan syuting.

Sumber Berita
detikcom
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close