Diaz Hendropriyono: Bagi-bagi Masker Tanpa Edukasi Hanya Sia-sia

Abadikini.com, JAKARTA Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Diaz Hendropriyono menyoroti adanya kegiatan sosial membagikan masker kepada masyarakat secara langsung.

Menurutnya, hal tersebut amat sangat perlu dipertimbangkan kembali karena tidak sesuai dengan indtruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun pemerintah Indonesia.

Menurut WHO, masker lebih baik digunakan oleh orang yang sedang sakit dan bukan sebaliknya. Di samping itu, penggunaannya pun harus benar karena jika tidak, risiko penularan Covid-19 justu akan semakin tinggi.

“Pendistribusian tanpa edukasi hanya sia-sia,” ujar Diaz dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (23/3/2020).

Selain itu, pembagian masker secara langsung kepada masyarakat juga tidak sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan social distancing.

“Pendistribusian masker kepada masyarakat dapat berisiko melipatgandakan penyebaran virus karena pasti akan ada kontak antara pemberi dan penerima,” paparnya.

Alih-alih memberikan masker kepada masyarakat, lebih baik, jika bantuan masker tersebut didistribusikan kepada tenaga medis yang lebih membutuhkan untuk menangani pasien.

Pada dasarnya, kata Diaz, jika ingin berkontribusi, lebih baik taat aturan dengan melakukan social distancing dan tetap tinggal di rumah.

“Kita bisa menyelamakan dunia dengan sederhana, yaitu diam di rumah,” pungkasnya.

Sumber Berita
Rmol.id
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close