Berikut Daftar Alkes yang Diangkut Pesawat Hercules C-130 dari China

Abadikini.com, JAKARTA – Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan dari Shanghai China dijadwalkan pagi ini mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Keberangkatan pesawat Hercules milik TNI AU tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia.

Apa saja alat kesehatan yang dibawa?

Informasi dari Puspen TNI, muatan tersebut berisi masker N95, baju pelindung, kacamata pelindung, sarung tangan dan penutup kepala serta penutup sepatu untut tenaga medis. Selain itu ada juga termometer pelindung.

“Peralatan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok,” kata Puspen TNI dalam rilisnya.

Data yang dihimpun oleh SCTV, bantuan ini terdiri dari 20.000 pakaian pelindung, 15.000 masker N-95, 10.000 sarung tangan sekali pakai, 15.000 masker sekali pakai, serta 10.000 pelindung mata.

Pengusaha yang berpartisipasi dari Tiongkok adalah Tsing Shan Charity Foundation dan Pihak Indonesia adalah PT IMIP Morowali yang merupakan kemitraan antara Bintang Delapan Group dengan Tsing San Tiongkok.

Keberhasilan mendatangkan bantuan ini bisa terwujud berkat kerjasama yang erat dan semangat persatuan antar berbagai elemen bangsa untuk melawan pandemi COVID-19.

Sumbangan ini dimaksudkan untuk membantu para petugas medis di Indonesia, yang saat ini sedang berjibaku menangani pasien Covid-19.

Pesawat TNI C-130 Hercules yang berangkat pada Sabtu, 21 Maret 2020, telah bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh dan mendarat dengan aman di Bandara Pudong-Shanghai Tiongkok, Ahad (22/3/2020) dini hari.

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut melakukan dua kali short stop (transit) yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan, untuk melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.

Crew pesawat yang dipimpin oleh Letkol Pnb Suryo berjumlah 18 orang menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga diharapkan tidak tertular virus Corona.

Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button