Tak Hanya Tangkal Sihir, Peneliti UI dan IPB Ungkap Daun Kelor Dapat Tangkal Virus Corona

Abadikini.com, JAKARTA – Kabar gembira datang dari penemuan terbaru tentang vaksin untuk virus corna jenis covid-19. Baru-baru ini tim peneliti Universitas Indonesia (UI) dan IPB menemukan kandidat antivirus corona dari bahan alami Indonesia.

Golongan senyawa tersebut antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin yang terkandung dalam daun kelor, jambu biji (daging buah merah muda) dan kulit jeruk.

Hasil penelitian ini didapat dari screening aktivitas terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait dengan mekanisme kerja virus.

Hasilnya diperoleh beberapa golongan senyawa tersebut berpotensi untuk menghambat dan mencegah virus SARS-CoV-2 (virus corona).

“Hasil penemuan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus corona. Selain itu, sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan RI, WHO dan CDC,” ujar Dekan FKUI Fahrial Syam dalam keterangan resminya.

Daun kelor memang telah lama dikenal akan khasiatnya mengobati jenis penyakit ganas. Selengkapnya, di bawah ini terdapat 3 khasiat utama daun kelor seperti dihimpun berbagai sumber.

1. Tinggi kandungan antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan oksidatif, yang menjadi biang penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes tipe 2.

Para ahli menemukan beberapa jenis antioksidan dalam daun kelor, antara lain quercetin dan asam klorogenat.

Quercetin merupakan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kadar gula darah

Sejumlah penelitian memang menunjukkan daun kelor efektif menurunkan kadar gula darah.

Para ilmuwan meyakini hal itu berasal dari senyawa isothiocyanate.

Namun, sebagian penelitian baru diujikan pada hewan. Studi berbasis manusia yang ada masih dalam skala kecil.

Salah satu studi melibatkan 30 wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor per hari selama tiga bulan.

Hasilnya, kadar gula darah puasa mereka turun rata-rata 13,5 persen. Studi kecil lainnya melibatkan enam penderita diabetes yang diberi 50 gram daun kelor dalam menu makanannya.

Hasilnya, kadar gula darah mereka dapat berkurang 21 persen.

Sumber Berita
Genpi.co
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close