Yusril ke Jokowi Soal Covid-19: Pemerintah Tidak Punya Pilihan Lain Kecuali Selamatkan Nyawa Rakyat

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyarankan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadapi ganasnya wabah Covid-19 sekarang ini. Yusril katakan, pemerintah tidak punya pilihan lain kecuali menyelamatkan nyawa rakyat.

“Apapun pilihan yang dilakukan Pemerintah, apakah melakukan pembatasan keramaian umum bahkan melakukan lockdown, tujuan utamanya harus satu: menyelamatkan nyawa rakyat,” kata Yusril melalui rilisnya kepada Abadikini.com, Jumat (20/3/2020).

Terkait pertimbangan ekonomi menurut Yusril, harusnya menjadi nomor dua. Menurutnya, Ekonomi memang hancur. Tetapi tegas Yusril, itu bukan hanya terjadi pada kita. “Semua negara mengalami hal yang sama. Ekonomi bisa kita bangun kembali. Tetapi nyawa rakyat yang melayang takkan bisa dihidupkan lagi,” ujar Yusril.

Pakar Hukum Tata Negara ini menjelaskan, menyelamatkan nyawa rakyat adalah amanat dalam Pembukaan UUD 45. “Negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Hak untuk hidup adalah hak setiap orang. Negara wajib melindunginya,” tegasnya.

Sehingga kata Yusril, Pemerintah jangan ragu-ragu memilih apa yang terbaik untuk dilakukan. Dikatakan Yusril, Jika telah diputuskan suatu langkah, laksanakan dengan konsisten. “Jangan menutup-nutupi sesuatu. Terbukalah kepada rakyat, terbukalah kepada dunia tentang apa yang sesungguhnya terjadi di negara kita,” imbuhnya.

Sebab menurut Yusril, dengan keterbukaan itu sesungguhnya negara memanggil semua orang, terutama orang-orang kaya dan mampu untuk berbuat membantu sesama.

“Ayo kita selamatkan nyawa rakyat! Ayo kita selamatkan bangsa dan negara dari keruntuhan akibat wabah bencana penyakit ini.!!!,” seru Yusril mengakhiri keterangannya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker