BSM Bulan Bintang Lakukan Gerakan Sosial PHBS dan Fogging Basmi Nyamuk DBD

Abadikini.com, TASIKMALAYA – Badan Otonom PBB, Bulan Sabit Merah (BSM) Bulan Bintang Kota Tasikmalaya melakukan gerakan sosial berupa sosialisasi kepada masyarakat pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan fogging basmi nyamuk Demam Berdarah (DBD) di Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya, Selasa (17/3/2020) kemarin.

Ketua BSM Kota Tasikmalaya Cepy Kunaepy mengatakan sebelum timnya melakukan gerekan fogging terlebih dahulu pihaknya melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada masyarakat.

“Sebenarnya fogging itu alternatif terakhir ya, teman-teman relawan Bulan Sabit Merah itukan ada yang dari Kesehatan Masyarakat (Kesmas) jadi sebelum melakukan fogging kita terlebih dahulu mengsosialisasikan kepada masyarakat tentang PHBS,” kata Cepy kepada Abadikini.com di Tasikmalaya, Rabu (18/3/2020).

Sebab Menurut Cepy, percuma kalau perilaku hidup masyarakat tidak sehat dan bersih, maka nyamuk itu akan berkembang biak dengan cepat, walaupun di fogging maka percuma.

“Artinya fogging itu di lakukan setelah teman-teman relawan BSM melakukan penyuluhan PHBS kepada kemasyarakat terlebih dahulu,” ujarnya.

Cepy menuturkan alasan BSM Bulan Bintang melakukan fogging. Menurutnya, dengan maraknya virus corona sekarang ini. Dia dan relawan kemanusiaan di Kota Tasikmalaya melihat saat ke rumah sakit ternyata banyak pasien yang datang dengan gejala sakitnya yang mirip dengan corona, ada batuk dan panas. Nah, itu kata dia, ternyata bukan corona tapi gejala DBD.

“Akhirnya teman-teman relawan kemanusian dan BSM melakukan gerakan turun ke masyarakat bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk melakukan penyuluhan PHBS dan fogging.

“Polanya kita kerjasama dengan puskesmas-puskesmas di Kota tasikmalaya. Karena kita punya alat fogging, kita punya relawan kemanusian, relawan Bulan Sabit Merah. Alhamdulillah pihak Dinas Kesehatan dan Puskesmas juga menyambut baik dengan gerakan ini,” pungkasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close