Begini Cara Tetangga Mencuri Password Wi-fi di Rumah Kita

Abadikini.com, JAKARTA – Pernahkah kamu menyadari bahwa akses internet di rumahmu sedang dimanfaatkan oleh orang lain di sekitarmu?

Ternyata, meski sudah memakai password, belum tentu lho internet kita aman dari tangan-tangan gatal yang sedang mencari akses wi-fi gratis.

Yang pasti, ada bermacam-macam cara untuk membobol router wi-fi. Dan seperti dikutip dari akun YouTube Sanin Maharjan, trik berikut ini adalah salah satunya.


Bruceforce Attack

Metode bruceforce attack adalah menebak password berulang kali menggunakan sistem berisi kumpulan kosakata. Saat ini, terdapat beberapa aplikasi gratis yang menyediakan metode ini.

Jadi, kalau selama ini kamu menggunakan kata-kata yang gampang ditebak sebagai password wifi, maka gantilah segera! Semakin sederhana password yang kamu buat, maka akan semakin mudah dibobol oleh metode itu.

Cara mereka mengetahui password kamu

Setelah berhasil terhubung ke wi-fi kamu, mereka mungkin akan tergiur untuk bisa memakai internet kamu di laptop atau komputer mereka.

Jika memang begitu skenarionya, maka langkah mereka berikutnya adalah mulai mencari tahu password kamu.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan mengetikkan IP router wi-fi di handphone yang telah terhubung ke Internet kamu lewat metode bruceforce attack.

Beberapa pemilik wi-fi seringkali masih me-nyetting username dan passwordnya secara default, sehingga mereka hanya perlu memasukkan kata admin atau administrator untuk bisa menyelinap masuk.

Dari situ, mereka akan mengakses Interface Setup, hingga akhirnya berhasil mengintip password kita. Seram bukan?

Nah, supaya aman, yuk segera persiapkan langkah-langkah antisipasi. Kamu bisa memulainya dengan merubah password kamu, hingga meminta tolong teknisi IT dari ISP yang kamu pilih untuk memastikan keamanan setting wifi di rumahmu.

Sumber Berita
topcareer.id

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button