70 Persen Orang Italia Tertular Virus Corona dari Uang

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) periode 2004-2019 Nila Moeloek memberi imbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mencegah meluasnya penularan virus Corona. Nila menyarankan membawa plastik bening ukuran 1 kg kalau keluar. Pastikan semua uang kembalian jangan dipegang, tapi masukan ke kantong plastik itu dan tutup rapat.

“Setelah ada kesempatan jemur plastik tersebut beserta uang tadi di matahari paling tidak 30 menit. Insyaa Allah sudah cukup aman. Mari kita mulai putuskan mata rantai penularan dari diri kita sendiri. Insyaa Allah bermanfaat,” ungkapnya melalui pesan, Senin (16/3/2020).

Ia menambahkan agar jangan sampai lupa mencuci tangan setelah memegang uang, karana banyak yang tertular itu sebenernya bukan dari interaksi, melainkan dari uang. Ia mengatakan jika di Italia 70% orang tertular dari uang.

“Padahal mereka sudah safety pakai masker dan lain-lain tapi mereka enggak pada sadar ternyata mereka tertular dari uang. Makanya sekarang mereka pembayaran sudah mulai beralih ke elektronik, kalau di kita seperti Ovo, Gopay, dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia menjelaskan jika virus corona itu menyebar bukan karena terbang melalui udara, tetapi menempel di barang.

“Ya salah satu yang paling ringkih ya uang, uang kan kotor dari tangan siapa aja. Jadi rajin-rajinlah cuci tangan pakai sabun, dan selalu bawa hand sanitizer dimana pun,” pungkasnya.

Paul Matewele, seorang dosen senior di bidang mikrobiologi di London Metropolitan University juga menguatkan dugaan tersebut.

“Tidak ada keraguan, kita melewati mikroorganisme melalui uang tunai,” kata Paul Matewele, kepada CNN, dikutip dari Detik.

Sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan di New York City, para peneliti menemukan mikroorganisme yang hidup di permukaan uang tunai, mulai dari bakteri mulut, bakteri vagina, hingga virus mirip flu. Namun belum ada kesimpulan pasti yang dijelaskan apakah virus Corona benar-benar bisa tertular lewat uang tunai. Terlebih, diketahui bahwa China sudah menjadi masyarakat non-tunai dan wabah corona tetap menyebar di sana.

Sumber Berita
CNN Indonesia

Baca Juga

Back to top button