Wagub Maluku Utara Mengamuk Saat Gubernur AGK Melantik 11 Pejabat Eselon II

Abadikini.com, TERNATE – Wakil Gubernur Maluku Utara M Al Yasin Ali tiba-tiba mengamuk saat acara pelantikan sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Kericuhan terjadi ketika Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba memberikan sambutan di hadapan 11 pejabat yang dilantik di Kota Ternate, Senin (16/3/2020) dikutip dari Kompas.

Tiba-tiba, Al Yasin masuk ke ruangan pelantikan sembari mengamuk.

Ia beberapa kali menunjuk Gubernur Abdul Gani yang sedang memimpin acara pelantikan. Ternyata, Al Yasin kesal karena tak diberi tahu pemindahan lokasi pelantikan 11 pejabat eselon II itu.

Al Yasin mengatakan, awalnya pelantikan dilakukan di Kantor Gubernur, Sofifi. Tiba-tiba, pelantikan dipindahkan ke Kota Ternate.

“Kita kan paket kenapa tidak ada koordinasi dengan saya. Tidak ada koordinasi sama sekali dengan saya, ada apa?” kata Al Yasin.

Wagub Maluku Utara itu menduga pemindahan lokasi pelantikan karena Gubernur Abdul Gani tak mengabulkan permintaannya.

Al Yasin sempat mengusulkan kandidat untuk menduduki salah satu dari 12 posisi pejabat eselon II yang akan dilantik.

“Saya punya hanya satu nama yang saya usul, di Dinas Bencana Alam, tapi itu tidak diakomodasi,” kata Al Yasin.

Gubernur Abdul Gani hanya melantik 11 pejabat eselon II.

Padahal, ia dan Gubernur Abdul Gani Kasubah telah menyepakati nama yang diusulkan menduduki jabatan eselon II di Provinsi Maluku Utara.

“Minimal Gubernur Malut memberikan koordinasi, sebab kita kan satu paket,” kata Wakil Gubernur yang diusung PDI-P dan PKPI itu.

Suasana gaduh mulai mereda setelah Wagub yang ditemani beberapa pejabat langsung turun ke lantai satu. “Biarkan semua wartawan liput, biar masyarakat tau kondisi pelantikan seperti ini,” tegas Yasin.

Hingga berita ini dimuat, belum ada pernyataan resmi yang disampaikan pihak humas dan keprotokoleran Pemprov Malut. Namun, kegaduhan yang dilakukan Wagub ini ditengarai kuat dipicu tidak dilibatkanya orang nomor dua di Malut itu dalam reshuffle kabinet Pemprov Malut ini.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close