PKS Desak Pemerintah Pusat Segera Terapkan Kebijakan Lock Down

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mendorong agar Pemerintah melakukan kebijakan lockdown secara keseluruhan. Pernyataan tersebut diutarakan usai ia melihat angka yang terinfeksi virus Corona melonjak tinggi.

“Saya berharap Presiden Joko Widodo segera melakukan mitigasi dengan cepat dengan menetapkan lockdown parsial, terutama untuk daerah-daerah yang sudah terpapar Covid-19,” ujar Sohibul seperti dilansir Abadikini.com dari laman tempo, Senin (16/3/2020).

Menurut Sohibul, hal ini penting dilakukan untuk memitigasi dan melokalisir penyebaran virus Corona agar tidak meluas ke berbagai daerah yang lain yang belum terpapar. Khususnya daerah yang menjadi tujuan wisata dan memiliki tingkat interaksi dengan wisatawan asing yang tinggi.

Selain itu, Sohibul juga menyoroti transparansi penanganan virus Corona. Ia mengatakan, kebijakan transparansi dengan membuka data, tidak ada kaitannya dengan terjadinya kepanikan. Justru di era media sosial ini, sikap transparan dari pemerintah akan membuat rakyat lebih waspada dan proaktif untuk ikut serta melakukan pencegahan penyebaran.

“Sebaliknya, sikap kurang transparan pemerintah justru menimbulkan kegalauan di masyarakat karena mereka juga punya akses informasi yang lain sehingga menyebabkan kepanikan di tengah-tengah masyarakat,” kata Sohibul.

Apalagi, kata Sohibul, ketika pemerintah tidak transparan dan meminta masyarakat tidak panik, tetapi di sisi lain para elit justru terlihat mulai melindungi diri dan memberlakukan prosedur pengamanan secara khusus.

“Lho ada apa ini? Justru rakyat akan semakin panik melihat inkonsistensi pemerintah ini. Rakyat butuh kejujuran, keterbukaan dan keteladanan dari para pemimpinnya. Sehingga rakyat bisa percaya diri menghadapi wabah ini,” ujar Sohibul.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker