Benahi 19 Pasar Tradisional, Basdir Minta Masukan Lies F Nurdin

Abadikini.com, MAKASSAR – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar berencana membenahi 19 pasar tradisional. Karena itu, Direktur PD Pasar Makassar, Basdir, secara khusus datang menemui Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin, di Rumah Jabatan Gubernur, untuk meminta masukan.

Basdir mengatakan, kedatangannya untuk meminta pendapat Lies terkait pembenahan 19 pasar tradisional di Kota Makassar. Tiga diantaranya, akan dijadikan percontohan.

“Di masing-masing pasar, akan memperhatikan kondisi kebersihan, higienitas, keindahan, serta aspek ruang terbuka hijau. Apalagi, tiga pasar tersebut juga akan menjadi pusat kerajinan dan belanja oleh-oleh di Kota Makassar,” kata Basdir, Jumat (13 Maret 2020).

Konsep pasar wisata modern, lanjut Basdir, rencananya akan dibangun di Pasar Baru. Tempatnya sangat strategis, dekat dengan hotel, Benteng Rotterdam. Di sini, akan jadi pusat jajanan lokal, kerajinan, dan oleh-oleh. Di lantai atasnya, bisa jadi tempat nongkrong kalangan milenial.

“Pedagang di masing-masing pasar tidak akan mengalami kerugian dengan adanya pembenahan ini.

“Tidak akan ada penggusuran. Paling relokasi kalau ada, inipun dipindahkan ke tempat yang lebih bagus. Jadi tidak akan ada gesekan dengan pedagang,” tutupnya.

Menanggapi rencana PD Pasar Makassar, Lies merespon positif. Ia mengakui, kondisi pasar tradisional yang akan dibenahi memang memprihatinkan.

“Pasar Baru, Pasar Terong, dan Pasar Toddopuli sebaiknya yang menjadi percontohan dari sisi kebersihan, memenuhi standar ruang terbuka hijau, sekaligus menjadi lokasi wisata,” ujarnya.

Lies mengaku mendukung penuh rencana PD Pasar Makassar bersama Pemkot Makassar, untuk membenahi berbagai fasilitas yang ada di pasar tradisional Makassar.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker