Menkes Terawan: Secara Teori, Virus Corona Penyakit Yang Sembuh Sendiri

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah mengumumkan 12 orang pasien yang terjangkit virus corona sudah dinyatakan sembuh. Mereka adalah tiga pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan dan sembilan WNI ABK kapal pesiar Diamond Princess.

Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku berbahagia atas kabar tersebut.

“Bahwa teorinya benar bahwa memang ini adalah self limiting disease yang akan sembuh sendiri. Penyakit yang akan sembuh sendiri,” kata Terawan seperti dilansir dari detikcom, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut, Terawan mengungkapkan alasannya hadir di RSUP Persahabatan. Selain Terawan, turut hadir Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

“Selaku menkes saya harus mengecek sendiri. Harus mengecek dengan detail. Setelah oke, saya cek semuanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Yuri menyampaikan ada tiga orang pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan yang sudah dinyatakan sembuh. Penyampaian itu disampaikan Yuri dalam keterangan pers di RSUP Persahabatan, Kamis (12/3/2020).

“Setelah kita lakukan pengecekan, kita diskusikan dengan tim dokter yang memeriksa, ada tiga pasien yang secara klinis sudah membaik, tak ada keluhan sama sekali,” katanya.

Ketiga orang pasien itu adalah:

Pasien 06: laki-laki, 39 tahun
Pasien 14: laki-laki 50 tahun
Pasien 19: laki-laki 49 tahun

“Kita akan memberikan izin pulang dalam mekanisme ini ada administrasi yang kita lakukan dia dibekali surat rujuk balik sebagai bagian sistem monitoring apabila ada kepentingan,” ujar Yuri.

Dalam kesempatan itu, Ia mengemukakan ada dua orang pasien yang sedang menunggu hasil laboratorium di RSPI Sulianti Saroso. Hasil pemeriksaan pertama menunjukkan negatif Covid-19.

“Karena ketentuannya adalah dua kali negatif,” kata Yuri.

Sumber Berita
CNBC, detikcom

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker