Ketakutan Anies Tunda Formula E, Mahfud MD: Jangan-jangan Tidak Sukses

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara terkait penundaan balapan Formula E oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia menilai  Jakarta masih aman di tengah merebaknya virus Corona jenis baru, COVID-19.

Melansir dari laman Republika, Kamis (12/3/2020) Mahfud memperkirakan keputusan itu diambil Anies atas dasar situasi dunia saat ini dengan mewabahnya virus Corona.

“Karena melihat situasi jangan-jangan itu (Formula E nanti) tidak sukses kan, karena kecenderungan di banyak dunia menghendaki agar menghindarkan perkumpulan-perkumpulan orang terlalu banyak, seperti tontonan dan sebagainya,” ujarnya.

Menurut dia, bila balapan Formula E tetap digelar pada Juni 2020, maka dikhawatirkan animo penonton akan sepi. “Itu mungkin kalau enggak banyak orang yang nonton kan rugi juga, lalu ditunda, barangkali,” jelas Mahfud.

Namun demikian, Mahfud tak tahu pasti alasan Anies melakukan penundaan. “Yang tahu alasan penundaan itu tentu Pak Anies, karena memang Pak Anies yang punya program itu, program formula itu, dia yang mengumumkan dulu bahwa akan ada itu, lalu dia juga yang kalau harus ditunda,” tuturnya.

Ia menambahkan persoalan Corona sudah ditangani oleh pemerintah dengan baik. Situasi Jakarta juga biasa-biasa saja. “Enggak ada kepanikan yang luar biasa,” ujar Mahfud.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan menunda gelaran Formula E. Sebelumnya, lomba jet listrik tersebut sudah dijadwalkan akan berlangsung di Jakarta pada 6 Juni 2020 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penundaan Formula E di Jakarta sebagai bentuk tanggung jawab Pemprov DKI menjaga keselamatan warga ibu kota dari penularan virus corona (COVID-19).

“Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang Formula E ini memberikan dampak ekonomi yang besar, tapi bila punya risiko untuk warga maka kita tunda,” kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Lebih lanjut Anies mengatakan penundaan Formula E ini turut diterima oleh pihak FIA Formula E selaku pemilik ajang balapan mobil listrik itu.

“Alhamdulillah pihak Formula E dan FIA menyetujui itu, sehingga hari ini kami di Jakarta dan mereka (FIA) di Eropa akan bersama- sama mengumumkan bahwa Formula E bulan Juni tidak dilaksanakan,” kata Anies.

Anies juga mengatakan belum memastikan tanggal dihelatnya Formula E karena keputusan itu nantinya harus melihat perkembangan virus corona di Indonesia. “Fokus kita saat ini bukan Formula E tapi keselamatan warga,” kata Anies.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close