Ini Alasan Kenapa Indonesia Tak Bisa Suplai Durian ke China

Abadikini.com, JAKARTA – Permintaan China terhadap durian dari Indonesia sangat besar sekali. Hanya saja pengirimannya terkendala kualitas rasa durian yang berbeda-beda.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia tidak bisa mensuplai durian ke China karena kualitas yang diinginkan tidak stabil, utamanya rasa.

“Ada yang enak, ada yang enggak enak, sehingga rasanya campur-campur,” ujar Jokowi, dikutip dari Setkab, Jakarta, Senin (12/3/2020).

Bahkan, Jokowi mengaku pernah beli durian mahal, barangnya bagus, yang disiapkan sebagai hadiah ulang tahun Ibu Negara Iriana. Namun setelah dibuka ternyata enggak enak rasanya.

”Hal ini memang harus ada sebuah manajemen yang bagus dalam sebuah hektare yang luas tetapi barang yang di buka dari kebun itu harusnya enak, enak, enak, enak semuanya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi menyoroti manajemen pertanian di Indonesia. Sebab peluang ekspor buah yang besar masih belum bisa dimaksimalkan.

“Karena memang ada manajemen pembibitan yang bagus, spesiesnya memang yang betul. Masak kita enggak bisa? Masak HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) tidak bisa? Saya yakin bisa,” imbuhnya.

Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker