Corona Mulu, Sudah 17.820 Orang Jadi Korban DBD, Ini Yang Harus Diperhatikan

Abadikini.com, JAKARTA – Bersih-bersih selama musim hujan sangat penting dilakukan. Hal ini untuk mencegah ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, meminta masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan, terhadap penyakit DBD. Karenanya, angka kasus DBD tahun ini telah menyentuh angka 17.820 orang.

“Masyarakat harus rutin membersihkan tempat-tempat penampungan air. Karena nyamuk senang berada di tempat lembap,” kata Siti Nadia seperti dilansir dari okezone, Kamis (12/3/2020).

Salah satu caranya adalah membersihkan bak di kamar mandi. Selain itu, Siti Nadia meminta agar masyarakat juga membersihkan tempat, serta barang-barang di sekitar lingkungan rumah mereka.

Contoh paling sederhana adalah membersihkan ban bekas, yang biasa dipakai sebagai pot tanaman. Bagian dalam benda ini, sejatinya memiliki lekukan yang bisa menampung air.

“Ban banyak jentik nyamuknya di lekukannya itu ada bagian yang bisa jadi tampungan air, sebaiknya penggunaannya dihindari,” kata Siti Nadia.

Tak hanya itu, botol-botol bekas yang biasa ada di belakang rumah juga harus disingkarkan untuk menghindari genangan air. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir lokasi tempat perindukan nyamuk aedes aegypti.

Sumber Berita
okezone

Baca Juga

Back to top button