Resmikan PLT Biogas, Menristek RI Harap Inovasi Teknologi Terus Dilakukan

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) RI Bambang Brodjonegoro meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Biogas Pome di Kabupaten Kampar.

Menristek dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh PTPN V khususnya Pabrik Kelapa Sawit (PKS)Terantam dalam pemamfaatan limbah sawit. Dalam kemajuan zaman, sebelum masyarakat berbuat, kita harus terlebih dahulu menciptakan inovasi dan membantu masyarakat. Menristek berharap inovasi teknologi tersebut terus dilakiukan agar dapat membantu masyarakat yang lebih luas.

“Kita harus menyadari banyak hal yang bisa dilakukan dalam pemamfaatan yang tidak bernilai menjadi sangat bernilai. Dalam hal ini tepat yang dilakukan PKS Terantam saat ini adalah pemamfaatan limbah cair sawit dirubah menjadi aliran listrik yang sangat berguna,” kata Menristek Bambang Brodjonegoro

Hal senada juga disampaikan Bupati Kampar Catur Sugeng usai peresmian PLT Biogas Pom, Catur memgapresiasi dan berharap ini nantinya selain untuk operasional perusahaan, juga hendaknya bisa disalurkan kepada masyarakat terlebih dahulu masyarakat yang berada disekitar perusahaan.

“Kalaulah setiap PKS di Kampar bisa melaksanakan hal seperti ini, baik dalam pemamfaatan limba cair menjadi biogas maupun pemamfaatan limba padat menjadi biomes, maka pemda Kampar akan melakukan MoU atau kerjasama dengan perusahaan agar ini bisa dikembangkan dan bisa dinikmati mayarakatm, “ungkapnya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker