Kunjungan DMI Rohil ke DPW PBB Riau Bahas Pembangunan Masjid Cheng Ho

Abadikini.com, PEKANBARU – Rombongan Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang dipimpin Sekretaris DMI Kabupaten Rohil Ustadz Ahmad Syaifi melakukan kunjungan ke Markas Wilayah DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Riau, di Jalan Kandis 2 K, Tangkerang Utara Pekanbaru, Rabu (4/3/2020) malam lalu.

Kunjungan Ustadz Ahmad Syaifi ke Markas Wilayah DPW PBB Provinsi Riau yang didampingi Ketua DPC PBB Kabupaten Rohil Manggala Hasibuan ini diterima langsung oleh Ketua DPW PBB Provinsi Riau H. Muhammad Saltut dan Sekretaris Zul Azhar.

Menurut Ahmad Syaifi yang juga salah seorang panitia pembangunan Masjid Laksamana Cheng Ho, kunjungan dimaksudkan untuk bersilaturahmi sekaligus berbagi informasi dengan pengurus DPW PBB Provinsi Riau mengenai perkembangan dakwah di Rohil dan mengenai pembangunan Masjid Laksamana Cheng Ho di kawasan Pujasera, Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau.

Ketua DPW PBB Provinsi Riau menyambut baik kunjungan pengurus DMI Rohil yang juga Panitia Pembangunan Masjid Cheng Ho di Rohil ini.

“PBB sangat mendukung pembangunan masjid tersebut mengingat peran laksamana muslim ini yang terkenal dengan pelayarannya ke berbagai belahan dunia termasuk ke Nusantara. Ketua Umum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra pernah menjadi peran utama dalam film Laksamana Cheng Ho,” kata Saltut kepada Abadikini.com, Sabtu (7/3).

Foto: Istimewa

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pemberitaan di sejumlah media, Masjid  Muhammad Cheng Hoo Bagansiapiapi adalah sebuah  masjid bergaya arsitektur perpaduan Tionghoa dan Melayu yang sedang dalam proses pembangunan di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau.

Masjid ini akan menjadi masjid Muhammad Cheng Ho pertama yang berdiri di Provinsi Riau dan ke-17 di seluruh Indonesia.

Masjid Muhammad Cheng Ho akan dibangun di atas tanah seluas 2 hektare yang disediakan oleh Pemkab Rohil di area Puja Sera, Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi.

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Cheng Ho ini dilaksanakan di kawasan pujasera Bagansiapiapi oleh Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Bupati Rokan Hilir Suyatno, Rabu (19/6/2019).

Selain akan berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga akan menjadi Mualaf Center di Rokan Hilir. Apalagi saat ini sudah ratusan warga Tionghoa yang telah menjadi muslim. Selain itu akan menjadi ikon Rokan Hilir serta menjadi objek wisata religius bagi masyarakat.

Mengenai dana pembangunannya dikabarkan akan menelan dana sekitar Rp 8 miliar, yang merupakan sumbangan warga Tionghoa Bagansiapiapi yang mualaf. (r)

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close