Ka’bah Sepi dari Jama’ah, Malam Jumat Masjidil Haram Ditutup Sementara

Abadikini.com, MEKAH – Otoritas Arab Saudi menutup sementara kompleks Masjidilharam (Masjid al-Haram) termasuk situs Kakbah karena disterilkan dari kemungkinan adanya virus Corona baru, Covid-19. Momen bersejarah penutupan Kakbah ini dimulai setelah setelah salat Isya semalam.

Masjid al-Haram akan dibuka lagi satu jam sebelum salat Jumat hari ini (6/3/2020). Sedangkan penutupan halaman Kakbah belum ditentukan sampai kapan.

Selain halaman di sekitar Kabah, situs Mas’a—jalur antara bukit Safa dan bukit Marwah juga ditutup selama periode larangan umrah untuk sementara. Pelaksanaan ibadah hanya diperkenankan di dalam Masjid al-Haram saja.

Mengutip laporan Gulf News, sumur air Zamzam juga ditutup. Jamaah umrah tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman di sekitar situs suci Makkah. Mereka juga tidak akan diizinkan tinggal di masjid untuk Itikaf.

Tak hanya itu, langkah-langkah pencegahan masuknya Covid-19 juga mencakup penutupan Masjid Nabawi di Madinah, situs pemakaman Al Baqi—yang tertua dan salah satu dari dua kuburan Islam paling penting yang terletak di Madinah. Di Al-Baqi itulah keluarga Nabi Muhammad dan banyak sahabat Nabi dimakamkan.

Pada hari Rabu, otoritas Saudi untuk sementara melarang umrah ke kota-kota suci Makkah dan Madinah bagi warga negara Saudi dan penduduk asing karena kekhawatiran terhadap Covid-19. Kerajaan menegaskan kebijakan ini hanya sementara dan akan ditinjau sesuai dengan kondisi.

Cendekiawan Muslim, Yasir Qadhi, berbagi video tentang momen bersejarah penutupan Kakbah untuk sementara. “Subhan Allah, Kakbah kosong, tawaf telah berhenti ketika pihak berwenang membersihkan (Masjid al-) Ḥaram karena ketakutan akan Coronavirus. Semoga Tuhan melindungi kita semua!,” tulis Qadhi via akun Twitter-nya, @YasirQadhi.

Orang-orang terkejut dan mereka menjawab bahwa ini adalah pertama kalinya mereka melihat Kakbah kosong. Kakbah merupakan kiblat salat umat Islam di seluruh dunia.

Sumber Berita
Sindonews

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker