Dibalik Patung Emas Gus Dur Sedang Tiduran dan Tersenyum

Abadikini.com, JAKARTA – Putri Pertama Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, membagikan sebuah fakta menarik yang selama ini tidak diketahui banyak orang. Hal tersebut bermula dari cuitan seorang netizen dengan akun @DukeCondet yang mempertanyakan maksud keberadaan patung emas berwajah Gus Dur di kediaman Alissa Wahid.

Melalui akun Twitternya, Alissa pun akhirnya menerangkan secara gamblang makna di balik patung emas Gus Dur itu. Menurut penuturannya, patung karya seniman Dolorosa Sinaga itu terinspirasi dari kebiasaan Gus Dur semasa muda.

Sejak muda, Gus Dur memiliki kebiasaan tidur di lantai ruang tamu. Tempat ini diketahui menjadi lokasi favorit Gus Dur untuk menerima tamu-tamunya saat di rumah.

Menariknya, kebiasaan tersebut juga dia lakukan saat berkunjung ke rumah sahabatnya. Meski telah disediakan kamar khusus untuk beristirahat, Gus Dur lagi-lagi memilih untuk tidur di ruang tamu.

Bahkan, saat dia jatuh sakit pun, Gus Dur masih sering berbincang dengan tamu-tamunya dalam posisi terbaring seperti bentuk patung itu.

“Sejak sakit di tahun 2007 akhir, beliau ngobrol dengan tamu-tamu dalam posisi seperti di patung itu. Tidak duduk lagi. Itulah inspirasi untuk si pematung, Dolorosa Sinaga,” jelas Alissa Wahid.

Mengutip BBC Indonesia, Dolorosa Sinaga sendiri diketahui sebagai salah satu pematung senior. Dia merupakan generasi keempat pematung perempuan modernis di Indonesia, sejak dihitung dari kehadiran dan pengaruh Ries Mulder dan Rita Widagdo.

Karya-karyanya telah menghiasi berbagai tempat penting di penjuru dunia. Mulai dari gedung IMF di Washington DC, hingga International Contemporary Sculpture Park Chianti di Siena, Italia.

Sumber Berita
okezone
Topik Berita
Back to top button
Close