China Masih Tutup Bioskop, Nasib Laba Mulan Jadi Tak Jelas

Abadikini.com, JAKARTA – Kondisi 70 ribu bioskop di China yang masih ditutup karena wabah virus corona Covid-19 dinilai pengamat akan berdampak pada pendapatan Disney melalui film Mulan.

Film live action tersebut dijadwalkan rilis pada 27 Maret di Amerika Utara, sementara itu pasar internasional terbesar dunia, China masih dilanda virus corona sehingga belum ada tanggal perilisan yang pasti di Negeri Tirai Bambu.

“China menyumbang persentase besar dari pendapatan box office global, jadi ini (virus corona) akan berdampak pada setiap film yang dijadwalkan (rilis),” kata Paul Dergarabedian, analis media senior kepada Yahoo! Finance.

“Positifnya, China akan merilis semua film nanti. Tetapi sekarang seluruh film yang dijadwalkan rilis berubah dan tidak ada kepastian mengenai tanggal perilisan,” lanjutnya.

Peluang Disney mendulang keuntungan dari China melalui Mulan yang mengadaptasi kisah legendaris negara tersebut pun buram. Apalagi, film berbujet US$200 juta itu dikategorikan film 13 tahun ke-atas yang biasanya jadi andalan film meraup untung.

Selain itu, strategi Disney untuk menggaet pasar China dengan pemain Mulan yang seluruhnya dari Asia juga menjadi tumpul akibat kondisi wabah virus corona Covid-19 ini. Padahal, Mulan jadi film Disney pertama yang seluruhnya menggaet pemain Asia.

Sebelum virus corona menyerang, Disney memiliki riwayat performa baik di China. Sebagai contoh, film Aladdin yang berlatar belakang Timur Tengah mampu mendulang US$54 juta di negara tersebut sedangkan pendapatan globalnya mencapai US$1,1 miliar.

Selain Aladdin, film Beauty and the Beast yang memiliki latar belakang masyarakat Prancis juga sukses di China. Film yang dibintangi Emma Watson itu mampu mendulang US$84 juta di China, dan US$1,3 miliar secara global.

Maka kini Disney pun gigit jari. Sebelumnya, pengamat film Shawn Robbins menilai China amat penting untuk nasib film Mulan karena kuatnya akar sejarah dan keterikatan dengan masyarakat Tiongkok.

Mulan bercerita tentang seorang wanita bernama Hua Mulan (Liu Yifei) yang diadaptasi dari cerita rakyat China. Ia menyamar jadi prajurit laki-laki China dan ikut turun ke medan pertempuran untuk menggantikan ayahnya yang sakit.

Pada 1998 silam, Disney membuat Mulan versi animasi yang sangat sukses. Berdasarkan Box Office Mojo, Mulan yang dibuat dengan biaya hanya sebesar US$90 juta meraup pendapatan sebesar US$304 juta.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button