Cerita Mbah Gondrong Penemu ‘Tuyul’ dalam Botol yang Bermuka Seram

Abadikini.com, JAKARTA – Warga Ciamis, Jawa Barat, digegerkan oleh penemuan sosok misterius diduga menyerupai ‘tuyul’ di dalam sebuah botol kecil. Penemunya adalah Ibnu Kasir, warga Dusun Pahauran 02/06, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Ibnu Kasir dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Mbah Gondrong. Kesehariannya adalah seorang petani. Saat menemukan sosok menyerupai ‘tuyul’ tersebut pun ia sedang bekerja meraut bambu untuk dipakai di kebun tanaman palawija miliknya.

“Sehari-hari ya bertani di kebun,” ujar Mbah Gondrong saat ditemui di rumahnya ketika menunjukkan sosok ‘tuyul’ menyeramkan dalam botol, Selasa (3/3/2020).

Selain sebagai petani, Mbah Gondrong biasa mengajar anak-anak di sekitar mengaji pada sore dan malam hari. Di rumahnya terdapat bangunan untuk anak-anak mengaji.

“Kalau sore-malam biasa ngajar ngaji anak-anak,” ungkapnya.

Mbah Gondrong juga dikenal sebagai seniman kaligrafi. Anak-anak sekitar tempat tinggalnya, selain diajar mengaji, juga diberi keterampilan membuat kaligrafi. Bahkan Mbah Gondrong juga sering mewakili desanya mengikuti lomba kaligrafi hingga tingkat kecamatan.

Hal itu dibenarkan Kepala Dusun Pahauran Sardi. Menurutnya, Ibnu Kasir sering mengikuti lomba kaligrafi sampai tingkat kecamatan. “Beliau mahir membuat kaligrafi, suka ikut lomba mewakili desa ketika ada lomba di acara keagamaan,” ucapnya.

Sebelumnya, warga Ciamis dihebohkan oleh penemuan sosok misterius diduga menyerupai ‘tuyul’ di dalam sebuah botol kecil. Sosok tersebut ditemukan seorang warga, Ibnu Kasir alias Mbah Gondrong, di belakang rumahnya, Dusun Pahauran, RT 2 RW 6, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Sabtu (29/2).

Sosok Mbah Gondrong yang menemukan ‘tuyul’ dalam botol di Ciamis. (Dadang Hermansyah/detikcom)

Sosok menyeramkan itu berada dalam botol kecil. Terdapat dua wujud yang disebut-sebut warga ialah sosok tuyul.

Saat detikcom datang ke rumahnya Selasa (3/3), banyak warga yang berdatangan, mulai anak sekolah, ibu-ibu, hingga bapak-bapak, yang penasaran terhadap sosok diduga menyerupai ‘tuyul’ tersebut.

Ibnu Kasir, yang biasa disapa Mbah Gondrong, menceritakan penemuan sosok dalam botol tersebut. Awalnya ia sedang menyiapkan bambu untuk dijadikan pagar di belakang rumah.

“Setelah selesai, saya jalan di tanah itu melihat benda dalam botol kecil tertutup tanah, lalu saya ambil. Dilihat dalamnya ada penampakan sosok mirip bayi warna memerah,” ujar Mbah Gondrong di rumahnya, Selasa (3/3/2020).

Karena penasaran, Mbah Gondrong kemudian membersihkan botol yang berukuran 5-7 sentimeter dengan diameter 1,5 sentimeter itu. Ternyata di dalam botol kecil itu terdapat dua sosok misterius.

Sosok pertama menyerupai bayi yang masih merah, sosok kedua memiliki wajah menyeramkan, hidung panjang, kedua telinga memanjang. Keduanya memiliki kaki dan tangan lengkap dan terlihat sosok yang menyeramkan sedang memeluk sosok pertama yang menyerupai bayi.

Mbah Gondrong membenarkan sebagian warga menduga sosok itu adalah tuyul. Namun, menurutnya, benda tersebut hanya sosok yang menggambarkan bayi dan sosok gambaran jin dengan rupa menyeramkan.

“Wajahnya menyeramkan, berbeda dengan manusia. Memang kita sebagai umat Islam harus percaya terhadap hal-hal gaib,” jelas Ibnu Kasir, yang sehari-hari bekerja sebagai petani dan guru ngaji.

Ia mengaku sejak menemukan benda tersebut dan kabarnya beredar luas, setiap hari selalu kedatangan tamu yang penasaran. Awalnya hanya anak-anak saja, tapi semakin lama banyak orang tua yang melihat langsung sosok dalam botol tersebut.

“Ya bagi saya ini hal baik kedatangan tamu, karena bisa bertemu orang-orang, bersilaturahmi. Kalau sebatas melihat saja tidak apa-apa,” jelas Mbah Gondrong.

Sumber Berita
detikcom
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close