Seram, Ini Perbedaan Film Pengabdi Setan 1980 dengan Pengabdi Setan 2017

Abadikini.com, JAKARTA – Kamu sudah nonton film Pengabdi Setan? Film yang digadang-gadang jadi film horor tersebut memang banyak sekali peminatnya.

Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini memang di-remake dari versi lamanya di tahun 1980. Ada beberapa perubahan dari film Pengabdi Setan 1980 dan Pengabdi Setan 2017. Penasaran dengan perubahannya? Simak yuk beberapa perbedaan berikut ini.

1. Tidak ada Darminah

Di filmnya yang lama, teror keluarga diakibatkan oleh kelakukan iblis yang menyamar sebagai pembantu keluarga, Darminah. Rasanya agak sedih ketika tidak menemukan wajah Darminah yang misterius dengan sorot mata tajam di versi remake Pengabdi Setan.

Sedangkan di film terbarunya, teror datang sejak Ibu meninggal, tetapi sosok Darminah justru tidak ada.

2. Kondisi Ekonomi Keluarga

Pada Pengabdi Setan 1980, keluarga Munarto merupakan keluarga yang kaya raya dengan rumah besar mewah dan mobil pribadi.

Sementara di Pengabdi Setan 2017, kondisi keluarga ditampilkan kekurangan. Bahkan, membutuhkan biaya untuk menebus obat sang ibu dan membayar rumah agar tidak disita.

3. Jumlah Anak

Di Pengabdi Setan 1980, hanya memiliki dua orang anak, Rita dan Tomi. Sedangkan versi terbarunya ada empat anak, Rini, Tony, Bondi, dan Ian. Jumlah anak yang bertambah juga berhubungan dengan alur cerita dan plot di Pengabdi Setan 2017.

4. Karakter Pemeran Utama

Di film Pengabdi Setan 1980, pemeran utama bernama Rita yang dinarasikan sebagai anak gaul pada masanya yang suka dugem dan pulang malam.

Sedangkan pada versi terbarunya, pemeran utama bernama Rini, seorang gadis yang terpaksa putus kuliah karena terhalang biaya dan menjadi pengganti ibu untuk mengurus kebutuhan adik-adiknya.

5. Karakter Adik Laki-Laki Pemeran Utama

Selain pemeran utama yang berbeda karakter, adik laki-laki dari pemeran utama pun berbeda karakter. Tomi di film Pengandi Setan 1980 digambarkan sebagai anak yang suka ngamuk, banting barang, suka baca primbon, dan berguru ilmu hitam.

Sedangkan karakter Tony dibuat lebih lovable, sayang keluarga terutama ibunya, dan rela motornya dijual buat keluarga. Sangat berbanding terbalik banget ya.

6. Kekasih Pemeran Utama

Dalam film Pengabdi setan 1980, Rita memiliki kekasih bernama Herman. Tidak beda jauh dengan Rita, Herman ini ternyata juga suka dugem bahkan mereka kerap ke diskotik sama-sama.

Nah, di filmnya yang baru, Rini didekati oleh anak Pak Ustaz yang bernama Hendra. Selain lemah lembut, ia juga rajin beribadah dan sayang keluarganya.

7. Pak Karto diganti Sang Nenek

Di versi Pengabdi Setan 1980, satu keluarga hanya terdiri dari ayah, satu kakak perempuan, satu adik laki-laki, dan pengurus rumah (Pak Karto). Sebagai pengurus rumah yang sudah tua dan sakit-sakitan, beliau adalah orang yang menemukan ‘keanehan’ pada diri Darminah. Lalu tragisnya ia tewas gantung diri di garasi rumah.

Sementara di versi Pengabdi Setan (2017), sosok Pak Karto digantikan oleh sang ‘nenek’ yang di mana tokoh nenek ini memiliki peran penting di pertengahan dan akhir cerita.

8. Sumur

Tidak ada scene yang menampilkan lokasi sumur pada Pengabdi Setan 1980, tetapi pada Pengabdi Setan 2017 memiliki lokasi baru yaitu sumur di bawah rumah yang menjadikan setting cerita lebih creepy dibandingkan versi lamanya.

Itulah perbedaan Pengabdi Setan 1980 dengan Pengabdi Setan 2017. Sebenarnya masih banyak perbedaan-perbedaan yang bisa ditemukan ketika sudah menonton film versi 1980 dan 2017. Selamat Menonton dan membandingkan.

Sumber Berita
kumparan
Back to top button