Ini Asyiknya Siswa SMA Carolus Surabaya Belajar Langsung di Markas AAL Bumimoro

Abadikini.com, SURABAYA – Siswa SMA ST. Carolus Surabaya melakukan kunjungan ke Markas Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro dan Planetarium, Surabaya. Kunjungan kali ini langsung mempelajari dua mata pelajaran, yakni Geografi dan PPKN, khususnya bagi siswa kelas X IPS.

Guru Pendamping Kunjungan, Albert Tito S. mengatakan, 36 siswa kelas X IPS SMA ST. Carolus Surabaya dikenalkan dengan sejarah para pahlawan pertempuran, persenjataan, miniatur kapal, serta mempelajari rasi bintang, rotasi, revolusi bumi, titik letak semua planet, dan penghitungan waktu.

“Menariknya, siswa kami dipandu oleh Komandan TNI pendamping kunjungan yang di lokasi memberikan suatu penjelasan sejarah perjuangan para pahlawan pendahulu dan langsung dibantu peraga beberapa alat penserjataan yang masih disimpan,” kata Albert, Jumat, (28/2/2020).

Albert tidak sendirian, dia juga didampingi dengan guru pendamping lainnya, Guru Geografi, Thomas Dwi. Albert menambahkan, pengaruh pembelajaran di luar kelas ini menunjukkan pelajaran yang mudah dicerna oleh siswa yang biasanya di kelas hanya teori, kini lebih bisa mempratekkan ke dunia nyata.

“Kunjungan ini memang diadakan sekali setahun, guna mempermudah siswa menerima pembelajaran langsung di lapangan. Agar siswa kami bisa mencerna langsung ilmu dan pengalaman yang didapat di lapangan, serta menggali keahlian di kunjungan itu agar setelah lulus dapat memberikan prestasi dan karya,” ujar Guru PPKN tersebut.

Sementara itu, salah satu siswi, Michelle Angelina mengungkapkan, kunjungan yang membuat ia tertarik yakni, dijelaskannya tempat sejarah yang menunjukkan betapa peran pentingnya dari persenjataan dan kapal yang pahlawan dahulu digunakan.

“Lanjut di Planetarium, kita bisa melihat rasi bintang, bulan, planet seperti Merkurius dan sebagainya, memberikan penjelasan revolusi dan rotasinya seperti apa. Enaknya kunjungan lapangan kali ini membuat kami para siswa mengurangi kebosanan di kelas. Ini kunjungan lapangan pertama kalinya,” kata Michelle.

Harapannya, pembelajaran di luar kelas ini bisa asyik dan ramai terus, karena di kelas juga agak kurang kondusif. Semoga SMA ST. Carolus Surabaya menginspirasi dan terus berkembang lebih maju sekolahnya dan siswanya.

Setelah kunjungan, Komandan TNI AL pendamping mengajak foto bersama dan berpose hormat pada pahlawan di sekeliling kendaraan Tank TNI AL.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker