Ini Dia Bela Diri dari Indonesia yang Semakin Mendunia

Abadikini.com –  Bela diri asli Indonesia memang banyak macamnya. Mulai dari Pencak silat yang hampir setiap daerah memiliki gerakan dan nama yang berbeda. Seperti contoh di Pulau Sumatera memiliki Pencak Silat Harimau dan di Jawa bernama Walang Sembah.

Namun, ada satu beladiri asli Indonesia yang namanya telah mendunia yaitu beladiri Tarung Derajat yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Siapa yang tidak gemetar jika mendengar teriakan ‘BOX’ sebelum bertarung. Namun,  itulah seni bela diri yang dapat memacu adrenalin hingga pada titik puncaknya.

Mengembangkan teknik-teknik pada beladiri ini berdasarkan pengalaman bertarung dijalanan pada tahun 1960-an di Bandung.  Dimulai ketika, Achmad Dradjat melalui pengalaman hidup yang keras di lingkungan rumahnya sehingga harus mempertahankan dirinya sendiri dari perkelahian yang sering ditemui.

Selain menjadi salah satu beladiri yang berasal dari Indonesia. Tarung Derajat menjadi salah satu beladiri yang diakui sebagai olahraga nasional dan menjadi dasar latihan untuk TNI Angkatan Darat juga Korps Brigade Mobil atau Brimob. Maka dari itulah beladiri satu ini patut diakui kehebatannya untuk melumpuhkan dan mematikan gerakan lawannya.

Untuk tingkatan dalam beladiri Tarung Derajat ini bernama Kurata. Kurata sendiri terbagi dalam 7 tingkatan untuk mencapai paling akhir yaitu kurata 7 berwarna hitam. Beladiri full body contact ini sangat keras dan beresiko karena gerakan-gerakan yang digunakan untuk melumpuhkan serta mematikan pergerakan lawan.

Terkenalnya bela diri Tarung Derajat telah dibuktikan pada Asian Games di Myanmar pada tahun 2013 lalu serta telah dikenalkan di beberapa belahan dunia seperti Asia Timur, Oseania, Timur Tengah, Amerika, hingga Eropa.

Semboyan pada beladiri Tarung Derajat ini yaitu ‘aku ramah bukan berarti kalah, dan aku tunduk bukan berarti takluk’. Dari semboyan itu menggambarkan para petarung yang mengikuti bela diri Tarung Derajat ini terkesan orang yang penurut dengan sikapnya yang tunduk demi menghindari keangkuhan.

Itulah salah satu beladiri yang mendunia dari Indonesia selain pencak silat yang telah besar namanya.

Topik Berita
Back to top button
Close