Jadi Pertanyaan Publik, Wishnutama Habiskan Rp72 Miliar untuk Bayar Influencer

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata Wishnutama mengklarifikasi soal anggaran Rp 72 Miliar untuk influencer yang sempat bikin heboh.

Ia menegaskan anggaran sebesar Rp 72 Miliar itu tidak hanya untuk influencer, tapi untuk berbagai komponen promosi pariwisata Indonesia.

“Ini yang Rp 72 miliar itu bukan untuk influencer saja, ada banyak komponen promosi,” kata Wishnutama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

“Jadi Rp 72 Miliar itu untuk promosi, fame trip, untuk pengenalan destinasi wisata. Salah satunya influencer,” sambung dia.

Menurut dia, influencer yang akan membantu pemerintah berasal dari luar negeri. Sebab, tujuannya memang untuk mempromosikan Indonesia ke internasional.

“Ada Amerika, Eropa, ada Australia, ada Middle East, India,” ujarnya.

Namun Wishnutama mengaku belum mengetahui, berapa besar dari Rp 72 Miliar itu yang akan dialokasikan untuk influencer.

Menurut dia, hal itu perlu dibahas lebih lanjut. Pemerintah juga belum menentukan berapa banyak influencer yang akan digaet.

“Kita mesti hitung-hitung dulu cost-nya,” kata dia.

Diberitakan, pemerintah menganggarkan Rp 72 miliar untuk membayar jasa influencer dan promosi media demi menggenjot pariwisata Indonesia yang lesu karena terdampak penyebaran virus corona.

Influencer dan promosi media digunakan untuk menarik minat wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.

Anggaran sebesar itu menjadi bagian dari total insentif sebesar Rp 298,5 miliar yang dikeluarkan pemerintah untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

“Insentif untuk wisatawan mancanegara ini pemerintah memberikan alokasi tambahan sebesar Rp 298,5 miliar,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

“Terdiri dari alokasi untuk airlines dan (travel) agent diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp 98,5 miliar. Kemudian ada untuk anggaran promosi Rp 103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp 25 miliar dan (media relation) dan influencer sebanyak Rp 72 miliar,” ucap Airlangga.

Sumber Berita
Kompas.com
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close