Ini yang Akan Terjadi Jika Internet Hilang

Abadikini.com -Menurut laporan dari kelompok pegiat hak-hak digital Access Now bahwa pemadaman internet kerap kali dilakukan, bahkan mencapai 200 kali di 33 negara berbeda. Misalnya saja di Papua, Indonesia dan Etiopia.

Menurut salah satu pendiri inovasi teknologi IceAddis yang bermarkas di Addis Ababa, Etiopia, Markos Lemma pemadaman internet telah mematikan bisnis miliknya.

“Lalu lintas internet berhenti. Tak ada yang masuk, atau kalau pun ada mereka tak akan lama di sini karena tanpa internet, apa yang bisa kita lakukan?” kata Markos.

“Kontrak pengembangan perangkat lunak kami terpaksa dibatalkan karena kami tak bisa menepati waktu, karena sambungan internet putus. Pelanggan internasional kami malah ada yang berpikir kami mengabaikan mereka. Padahal internet mati, dan kami tak bisa apa-apa,” imbuh dia.

Markos melanjutkan tanpa sambungan internet, warga tidak bisa memesan makanan daring lewat aplikasi dan para pengemudi motor menganggur.

“Pemutusan internet punya konsekuensi langsung kepada pengusaha dan warga,” katanya.

Pemutusan internet hanya terjadi di Ethiopia dan dampaknya tidak hanya pada ekonomi. Penelitian dari Access Now memperlihatkan pemutusan internet punya pengaruh macam-macam terhadap puluhan juta orang di berbagai belahan dunia.

Pejabat pemerintah bisa memerintahkan penyedia jasa untuk “mematikan” internet atau memblokir area tertentu agar tak menerima sinyal. Atau juga memblokir akses pada layanan web tertentu.

Kelompok pegiat hak asasi manusia khawatir langkah semacam ini menjadi alat represi dari represi pemerintah di berbagai belahan dunia.

Sumber Berita
Okezone
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close