Donald Trump Ingatkan Narendra Modi untuk Tidak Pakai Teknologi Huawei

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden AS Donald Trump bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi di New Delhi hari ini, Selasa (25/2/2020) kemarin.

Dalam lawatan itu, Presiden AS Donald Trump juga membawa agenda anti-Huawei-nya ke India. Trump mengingatkan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk tidak memakai jaringan telekomunikasi milik Huawei.

“Trump menyampaikan bahwa ia juga berdiskusi dengan Modi soal pentingnya menggunakan jaringan telekomunikasi 5G yang aman menjelang rencana lelang jaringan tersebut,” sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters, Rabu (26/2/2020).

Diketahui, sejak tahun lalu, Trump menabuh genderang perang dengan perusahaan teknologi asal Cina, Huawei. Trump menyakini Huawei sebagai bagian dari operasi intelijen Cina untuk mengambil data-data rahasia dari pemerintahannya. Oleh karenanya, ia melarang segala produk Huawei di Amerika termasuk melarang seluruh perusahaan Amerika untuk bekerja sama dengan Huawei.

Tidak berhenti di situ, Trump juga meminta negara-negara sekutunya untuk juga tidak memakai jaringan telekomunikasi 5G Huawei. Jika tidak, maka Amerika akan memutus hubungan kerjasama intelijen yang sudah ada. Inggris adalah salah satu negara yang diingatkan Trump sebelum India.

Namun, Huawei membantah tuduhan yang dilayangkan pemerintahan Trump. Mereka menegaskan bahwa Huawei sama sekali tidak memiliki agenda untuk mencuri data intelijen Amerika. Huawei balik menuduh Trump tengah berupaya menjatuhkan citra Huawei untuk menaikkan popularitas perusahaan teknologi Amerika.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker